Telah Tiba di Riau, Besok Pesawat TMC Lakukan Modifikasi Cuaca

Daftar Isi

    Foto: Pesawat TMC tiba di Pekanbaru. 

    Lancang Kuning, PEKANBARU -  Pesawat Teknologi Modifikasi Cuasa (TMC) bantuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah tiba di Pekanbaru, Riau, pada Selasa (9/6). Pesawat jenis Casa 212-200 ini akan mulai melakukan modifikasi cuaca pada Rabu (10/3) besok. 

    Informasi tersebut disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur, Selasa (9/3) di Pekanbaru. Ia menyebutkan, jika pesawat tersebut telah sampai di bandara Lanud Roesmin Nurjadin sekitar pukul 03.00 WIB sore tadi.

    "Sesuai rencana awal besok akan lansung melakukan modifikasi cuaca di Riau," katanya.

    Namun, sebelum melakukan modifikasi cuaca kata Jim Gafur, terlebih dahulu petugas TMC akan melakukan evaluasi dan melihat perkembangan terhadap cuaca di Riau. Terutama terkait kondisi awan yang dinilai bisa dilakukan penyemaian garam.

    "Jadi pagi besok pihak TMC akan melakukan rapat dulu bersama BMKG untuk melakukan evaluasi cuaca. Jika ada awan dan memungkinkan akan lansung dilakukan penyemaian garam," jelasnya. 

    Lebih jauh kata Jim Gafur, untuk modifikasi cuaca ini, Riau diberikan stok garam sebanyak 10 ton. Dimana 10 ton garam tersebut jika habis akan dikirim lagi dari pusat sesuai kebutuhan dan sesuai hasil modifikasi cuaca kedepan.

    "Untuk modifikasi cuaca ini, sekali pelaksanaan akan menggunakan sekitar  800 kg garam. Sedangkan waktu penyemaiannya tergantung pada kondisi cuaca," jelasnya.

    Lebih lanjut Jim menyampaikan, bahwa Pemprov Riau juga berterimakasih kepada pemerintah pusat yang telah meberikan bantuan TMC untuk antisipasi Karhutla di Riau.

    "Mudah-mudahan dengan ada TMC ini bisa mengatasi Karhutla mau maupun titik api yang masih terdeteksi di Riau. Terutama pada daerah yang sulit dijangkau melalui darat," tuturnya. (Diskominfo Riau/LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Telah Tiba di Riau, Besok Pesawat TMC Lakukan Modifikasi Cuaca
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar