Kesiapsiagaan Dini Pengendalian Karhutla Jadi Prioritas Utama

Daftar Isi


    Foto: Istimewa. (MCR)
     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana RI, Doni Munardo menyebutkan kesiapsiagaan dini pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi prioritas utama di Indonesia khususnya pada daerah yang rawan bencana Karhutla.

    Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa berdasarkan arahan dari pemerintah pusat, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap jangan sampai Indonesia dipermalukan dalam forum internasional dikarenakan bencana Karhutla.

    "Oleh karenanya kesiapsiagaan dari awal memang harus menjadi prioritas kita bersama," ucapnya.

    Selain itu, Doni juga berpesan kepada seluruh kepala daerah untuk meningkatkan literasi untuk meningkatkan kemampuan tentang gambut. Menurutnya, gambut itu adalah fosil batubara muda, yang mana gambut itu sistem basah, berair, dan berawa.

    "Seperti di Jambi sudah menggagas program sekat kanal," ujarnya, dikutip dari mediacenterriau.

    Namun, ungkapnya ada beberapa perusahaan yang asal-asalan membuat sekat kanal, dibuatnya sekat kanal untuk penyaluran kayu-kayu ilegal dengan ilegal logging. Pihaknya juga berharap agar masyarakat tidak menjadi bagian praktek ilegal logging karena diiming-imingi pengusaha. 

    Untuk itu, ia mengungkapkan semua strategi harus dilakukan karena melalui kerja keras merupakan salah satu menyelamatkan bangsa kita dari bencana Karhutla. 

    "Setiap tahun luas lahan yang terbakar semakin meningkat oleh karenanya dibutuhkan kerja keras dan komitmen kita semua," pungkasnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kesiapsiagaan Dini Pengendalian Karhutla Jadi Prioritas Utama
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar