Komponen Sistem Informasi Akuntansi

Daftar Isi

    LancangKuning - Komponen sistem informasi akuntansi ini merupakan sebuah layaknya rumah yang memiliki komponen yang dapat membentuk struktur bangunan sehingga dapat berdiri tegak dan berfungsi untuk melindungi isi dari sebuah komponen tersebut.

    Sistem akuntansi merupakan salah satu sistem informasi diantara dari berbagai jenis sistem informasi yang digunakan oleh seorang manajemen dalam mengolah perusahaan. Dan setiap sistem terdiri dari blok-blok bangunan yang akan membentuk sistem tersebut.

    Komponen-komponen sistem informasi akuntansi

    • Blok Masukan (Input Block)
      Masukan data merupakan sebuah data yang masuk ke dalam sistem akuntansi beserta media dan metode yang digunakan untuk memasukkan data tersebut kedalam sistem tersebut. Dan masukan tersebut terdiri dari sebuah transaksi, pernyataan, permintaan, perintah dan pesan. Dan pada umumnya memasukkan data harus mengikuti aturan yang mengenai identifikasi, dan tata letak pengolahannya.
    • Model (Model Block)
      Komponen ini dapat mengolah masukan data yang sudah disimpan dengan berbagai macam cara supaya bisa memproduksi hasil yang dikehendaki atau keluaran. Dan kemudian juga bisa menjawab atas pernyataan dan juga bisa meringkas atau menggabungkan data yang menjadikan laporan yang lebih ringkas.
    • Keluaran (Output Block)
      Komponen dari sistem informasi akuntansi ini merupakan output yang berupa informasi yang bermanfaat dan dokumen yang dibutuhkan untuk semua tingkatan manajemen dan semua pemakai informasi, baik itu pemakai internal maupun eksternal. Keluaran dari sistem informasi sistem akuntansi dapat berupa faktur, laporan, serta hasil pengambilan keputusan.
    • Teknologi (Technology Block)
      Teknologi dapat menangkap masukan, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan data keluaran serta mengendalikan seluruh sistem tersebut. Dalam sistem akuntansi dapat digolongkan menjadi tiga komponen yaitu komputer, penyimpanan data eksternal dan perangkat lunak.
    • Basis Data (Data Base Block)
      Komponen ini merupakan tempat untuk menyimpan data yang digunakan untuk melayani kebutuhan pemakai informasi. Jenis basis data ini dapat dibedakan menjadi dua yaitu basis data fisik dan basis data logis. Basis data secara fisik yaitu melalui media menyimpan data seperti flashdisk dan mengetik lainnya. Basis data secara logis merupakan bagaimana struktur penyimpanan data sehingga menjamin ketepatan.
    • Pengendalian (Control Block)
      Beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk mengendalikan sistem informasi yaitu penggunaan sistem pengolahan catatan, penerapan pengendalian akuntansi, pengembangan rencana induk sistem informasi, pembuatan rencana darurat, penerapan prosedur pemilihan karyawan, pembuatan dokumentasi lengkap tentang sistem, dan perlindungan bencana.

    Dengan adanya komponen sistem informasi akuntansi ini, maka seluruh pengolahan data pencatatan semua transaksi keuangan tidak lagi menjadi rumit dan tersistem secara otomatis tanpa harus melewati sebuah proses perhitungan yang manual yang sangat rumit dan rentan dengan kesalahan.

    Tujuan dari sistem informasi akuntansi

    • Melakukan suatu pengolahan data dan penyimpanan data semua transaksi keuangan
    • Melakukan suatu proses data keuangan menjadi lebih informasi dalam mengambil keputusan manajemen tentang perencanaan dan melakukan kendali usaha tersebut.
    • Mengawasi semua kegiatan pada keuangan perusahaan
    • Melakukan efisien biaya dan waktu atas kinerja pada keuangan perusahaan
    • Melakukan penyajian suatu data keuangan yang secara sistematis dan akurat dalam waktu yang sangat cepat dan tepat.

    Fungsi dari sistem informasi akuntansi

    • Dapat mengumpulkan serta dapat menyimpan data suatu aktivitas atau transaksi perusahaan
    • Memproses data yang sudah terkumpul dan dapat menjadi informasi yang bermanfaat saat pengembalian keputusan
    • Melakukan suatu aktivitas yang efektif dan tentunya tepat terhadap aset-aset dari perusahaan atau organisasi tersebut
    • Dapat meningkatkan suatu kualitas layanan atau produk  serta meminimalisir biaya dari produksi atau jasa sehingga keuntungan perusahaan dapat meningkat tentunya
    • Peningkatan padan efisien kerja pada bagian keuangan

    Demikianlah pembahasan artikel saya tentang komponen dari sistem informasi akuntansi semoga dapat membantu dan bermanfaat.(Syaidah).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen Sistem Informasi Akuntansi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar