Mengapa Harus Pake FrameWork

Daftar Isi

    LancangKuning - Sebelum membahas mengapa kita harus menggunakan Framework, kita akan membahas apa itu Framework terlebih dahulu. Framework adalah sebuah kerangka kerja yang dipakai untuk mempermudah para developer software dalam membuat dan mengembangkan aplikasi.

    Framework memiliki isi perintah dan fungsi dasar yang umum di pakai untuk membangun sebuah software aplikasi sehingga diharapkan aplikasi bisa dibangun dengan lebih cepat serta tersusun dan terstruktur dengan rapi. Frame work juga dapat diartikan sebagai komponen pemrograman yang sudah jadi dan siap pakai kapan saja, sehingga pengembang aplikasi tidak perlu membuat script yang sama untuk tugas-tugas yang sama.

    Ada dua jenis framework di dunia pemrograman yaitu Desktop Framework dan Web Framework, Kedua-duanya mempunyai fungsi yang berbeda. Desktop Framework dipakai untuk membangun aplikasi berbasis desktop sedangkan Web framework dipakai untuk membangun aplikasi yang berbasis web.

    Banyak developer yang belum mengetahui kenapa dan kapan harus menggunakan Framework ketika membangun sebuah aplikasi. Biasanya, semakin besar skala prokey yang kamu kerjakan, maka semakin besar kemungkinan kamu perlu menggunakannya.

    Pada Desktop Framework program yang dijalankan tidak berjalan langsung pada perangkat keras, akan tetapi aplikasi berjalan di lingkungan perangkat lunak dengan memanfaatkan Common Language Runtime. Sedangkan aplikasi yang dibangun menggunakan Web Framework juga tidak secara langsung dieksekusi oleh web server, aplikasi web terlebih dahulu diproses oleh core.

    Beberapa contoh Framework yang ada di dunia pemrograman :

    • Framework aplikasi berbasis desktop : Net.Framework, Electron, javaFX, dan lain-lain
    • Framework aplikasi berbasis website : Yii, phalcon, symfoni, codeigniter, dan lain-lain

    Mengapa Harus Menggunakan Frame Work?

    Jawabannya adalah keuntungan dan kemudahan dalam membuat program yang didapat dari penggunaan framework berikut kegunaan atau fungsi dari framework.

    Dalam penerapannya fungsi dari Framework bisa diuraikan sebagai berikut :

    1. Mempercepat proses pembuatan aplikasi baik itu aplikasi berbasis desktop, mobile ataupun web.
    2. Membantu para developer dalam perencanaan, pembuatan serta pemeliharaan sebuah aplikasi.
    3. Aplikasi yang sudah di hasilkan menjadi stabil dan handal, hal ini dikarenakan Framework telah melewati proses uji baik itu stabilitas dan juga kendalanya.
    4. Mempermudah para developer dalam hal membaca code program dan lebih mudah dalam mencari bugs.
    5. Mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, hal ini dikarenakan Framework telah mengantisipasi cela-cela keamanan yang mungkin akan datang ataupun timbul.

    Kelebihan Framework

    • Lebih cepat dan efisien

    Jika kamu mengerjakan proyek besar, maka pengguna framework bisa membantu mempercepat proses pengembangan. Pada dasarnya, framework mempunyai beragam fungsi dan plugin yang bisa kamu gunakan.

    • Menghemat biaya

    Sebagian besar kerangka popular bersifat open source dan free untuk dipakai. Biayanya yang wajib dikeluarkan oleh client kamu juga akan menjadi lebih kecil karena proses pengerjaan yang termasuk simple dan lebih cepat.

    • Memperhatikan Faktor Keamanan

    Framework terkenal telah banyak dipakai oleh pengembang, dan kemungkinan adanya masalah keamanan atau bug telah diperbaiki. Selain itu, Framework biasanya juga mempunyai komunitas besar yang memiliki peran sebagai penguji jangka panjang, Setiap kali pengguna menemukan celah keamanan, maka mereka bisa memberi tahu tim agar segera memperbaikinya.

    Kelemahan Framework

    • Kurangnya pemahaman bahasa pemrograman

    Jika kamu bekerja memakai kerangka kerja dan hanya mengetahui sedikit tentang bahasa pemrograman yang dipakai dibaliknya, maka kamu hanya mempelajari mengenai kerangka tersebut. Sehingga pemahaman menjadi tidak berkembang.

    • Memiliki batasan

    Dalam penggunanya, kerangka ini juga mempunyai beberapa batasan yang tidak dapat kamu modifikasi. Sehingga kamu bekerja sesuai dengan standar yang digunakan di dalamnya. Oleh karena itu, ketika mengembangkan sebuah aplikasi, kamu wajib menggunakan kerangka kerja yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

    • Kode Publik

    Karena bersifat public, maka kode bisa digunakan siapa saja termasuk juga pihak-pihak yang memiliki niat buruk. Mereka bisa mempelajari cara kerja kode untuk menemukan kelemahan untuk menyerang kamu.

    Itu ulasan mengenai pengertian Framework lengkap dengan fungsi Framework dalam dunia pemrograman. Semoga pengertian dan ulasan diatas bisa bermanfaat untuk kamu dimanapun kamu berada.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengapa Harus Pake FrameWork
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar