Kelebihan dan Kekurangan Sistem Informasi Manajemen

Daftar Isi

    LancangKuning - Manajemen adalah sumber informasi yang termasuk dengan hal-hal penting untuk mengambil keputusan. Pengolahan dan juga pemanfaatan data akan bisa lebih maksimal jika anda menggunakan system informasi manajemen.

    System Informasi Manajemen (SIM) atau biasanya dikenal dengan sebutan Management information system (MIS) merupakan suatu system yang dibangun dan juga diciptakan untuk menyimpan, mengumpulkan, serta menyebarluaskan data atau informasi yang diperlukan dalam pengimplementasian di berbagai fungsi manajemen.

    System Informasi Manajemen ini bekerja mulai dari pemprosesan data yang kemudian dapat disimpan ke dalam database terpusat yang dapat diakses dan juga diperbarui oleh semua orang yang memiliki wewenang yang sesuai dengan tujuan mereka. System informasi manajemen memiliki tujuan untuk memecahkan beragam masalah dalam bisnis, seperti layanan, biaya produk, dan strategi bisnis.

    Kelebihan Sistem Informasi Manajemen

    1. Menyediakan suatu komunikasi dalam organisasi antar organisasi yang murah, akurat, dan cepat.
    2. Dapat menyimpan sebuah informasi dalam jumlah yang besar di ruang yang cukup kecil, namun mudah untuk diakses.
    3. Dapat memungkinkan suatu pengaksesan informasi yang banyak yang ada si seluruh dunia dengan cara yang cepat dan mudah.
    4. Meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok di suatu tempat atau di beberapa lokasi.

    Kekurangan Sistem Informasi Manajemen

    1. Biaya yang lebih mahal
    2. Memiliki keterbatasan jumlah dan juga tingkat kemampuan SDM yang menguasai suatu Sistem Informasi
    3. Perubahan dalam Sistem Informasi secara cepat, sehingga kita belum tentu dapat melakukan adopsi dengan perubahan tersebut.
    4. Adanya kekurangan tenaga ahli pada bidang Sistem Informasi
    5. Adanya indikasi penyalahgunaan system informasi yang canggih
    6. Memiliki kekurangan sosialisasi dengan system informasi

    Fungsi

    • Dapat memudahkan para pihak manajemen dalam melakukan sebuah perencanaan, pengawasan, pengarahan dan juga pendelegasian kerja pada seluruh departemen yang mempunyai suatu ikatan komando atau koordinasi dengannya.
    • Dapat meningkatkan suatu efisiensi dan efektifitas data secara akurat serta tepat waktu (realtime)
    • Untuk dapat meningkatkan sebuah produktivitas dan penghematan biaya dalam sebuah organisasi.
    • Dapat meningkatkan suatu kualitas dari sumber daya manusia, karena unit system kerja yang terkoordinir dan sistematis

    Manfaat

    • Menyediakan suatu informasi yang bisa digunakan dalam penghitungan harga pokok produk, jasa, dan tujuan lain yang diinginkan oleh para manajemen.
    • Menyediakan suatu informasi yang dapat digunakan untuk merencanakan, mengendalikan, mengevaluasi, dan juga melakukan perbaikan yang berkelanjutan
    • Menyediakan informasi dalam mengambil keputusan yang penting.

    Penerapan Sistem Informasi Manajemen

    Berikut adalah beberapa contoh penerapan Sistem Informasi Manajemen yang dapat membantu bisnis anda:

    • Enterprise Resource Planning (ERP)
      System ERP tidak hanya dapat digunakan oleh perusahaan besar, namun juga bisa ditetapkan di perusahaan dalam skala kecil. ERP ini biasanya digunakan untuk mengelola manajemen dan melakukan pengawasan yang terintegrasi antar unit di dalam perusahaan.
    • Supply Chain Management (SCM)
      SCM ini berfungsi untuk mengintegrasikan data-data seperti manajemen suplai bahan baku, yang mulai dari pemasok, produsen, pengecer sampai dengan konsumen akhir. Sehingga hal ini akan sangat bermanfaat bagi para pihak manajemen.
    • Transaction Processing System (TPS)
      TPS berguna dalam memproses data dalam jumlah besar atau transaksi yang banyak dan rutin. Manajemen gaji dan inventaris biasanya dapat mengaplikasikan program TPS.
    • Office Automation System (OAS)
      Dengan cara mengintegrasikan server-server komputer di setiap user perusahaan akan sangan berguna dalam melancarkan jejaring komunikasi antar departemen suatu perusahaan, seperti email.
    • Knowledge Work System (KWS)
      KWS ini dapat mengintegrasikan satu pengetahuan baru kedalam organisasi atau entitas.
    • Informasi Management System (IMS)
      Dalam sistem IMS ini dapat menyatukan beberapa fungsi informasi dengan program komputasi yang bisa menopang atau mendukung spectrum tugas-tugas dalam organisasi, seperti perencanaan, pengendalian, evaluasi, dan juga membantu menganalisa pembuatan keputusan, seperti e-procurement.

    System Informasi Manajemen (SIM) ini memiliki beberapa fungsi dan juga manfaat yang penting dalam suatu perusahaan. Kemudian system akan mampu untuk mempermudah suatu pekerjaan dan pengambilan keputusan secara lebih efektif dan juga efisien.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Sistem Informasi Manajemen
    Sangat Suka

    40%

    Suka

    20%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    40%

    Komentar