Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Daftar Isi

    LancangKuning Sistem informasi merupakan bidang yang menggabungkan ilmu computer dengan bisnis dan manajemen di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki dalam perusahaan kemudian merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

    Lulusan dari program studi sistem informasi dapat bekerja menjadi banyak profesi seperti menjadi sistem analyst, menjadi CEO, masuk ke dalam instansi pemerintahan dan menjadi aparatur sipil negara, web developer, business analyst, IT manager, database administrasi, dan lain sebagainya.

    Teknologi informasi merupakan sebuah jurusan yang mempelajari komponen penyusun hardware, software dan brainware dimana teknologi informasi bisa diartikan sebagai sebuah perangkat baik dengan perangkat keras maupun lunak yang digunakan untuk mendukung pengolah data atau informasi secara cepat dan berkualitas.

    Jurusan teknik informatika dan komputer atau tik diresmikan pada 2 juni 2014 yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana sains diterapkan pada yang berpengalaman dan mampu memecahkan masalah dalam bidang teknik informatika dan komputer dengan manganalisis merancang dan membangun sistem.

    Pada jurusan sistem informasi lebih berfokus pada komponen input, proses, output, sampai dengan feedback sedangkan pada jurusan teknologi informasi komponen yang dikhususkan ada pada hardware, software dan brainware jadi secara kesimpulan sistem informasi lebih kepada perangkat lunak.

    Antara sistem informasi dengan teknologi informasi yaitu saling berkaitan karena sistem informasi yang mempelajari bagaimana kumpulan informasi di dalam sebuah basis data menggunakan model dan media sedangkan teknologi informasi digunakan di dalam pengambilan keputusan bisnis organisasi.

    Teknologi informasi merupakan bagian dari sistem informasi karena dengan adanya informasi menjadi sangat bermanfaat dan jua besar yang di kerjakan dalam sistem informasi menggunakan teknologi informasi.

    Manfaat sistem informasi manajemen merupakan suatu meningkatkan efisiensi dan efektivitas data secara akurat dan realtime dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena unit sistem kerja yang terkoordinasi dan sistematis meningkatkan produktivitas dan penghematan biaya dalam organisasi.

    Fungsi sistem informasi merupakan meningkatkan akses-bilitas data secara efektif dan efisien kepada pengguna tanpa dengan perantara sistem informasi menjamin ketersediaan kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.

    Tujuan teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah dalam membuka kreativitas meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien.

    Fungsi teknologi informasi ialah

    • Menangkap (capture)
    • Pengolah (processing)
    • Mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi
    • Menghasilkan (generating)
    • Penyimpan (storage)

    Suatu teknologi ada dapat mengandung berbagai manfaat dan fungsi manfaat teknologi secara umum diantaranya adalah memberikan kemudahan bagi pengguna atau usernya membuat pekerjaan menjadi lebih singkat dan lebih cepat seta membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.

    Contoh sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari ialah

    • E-Learning
    • E-Banking
    • E-commerce
    • Sistem layanan mahasiswa
    • Booking online
    • Video call
    • Enterprise resource planning
    • Transaction processing sistem

    Sim bekerja dengan cara mengumpulkan data-data dari beberapa sistem online untuk dianalisis kemudian sim akan melaporkan hasil analisis tersebut membantu manajemen mengambil keputusan, membuat perencanaan atau memecahkan suatu masalah.

    Contoh dari teknologi informasi adalah

    • Computer
    • Laptop
    • Smartphone
    • Televisi

    Fungsi teknologi informasi merupakan suatu menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna, misalnya laporan, table, grafik dan sebagainya fungsi teknologi informasi ini merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan hanya untuk keperluan lainnya.

    Secara umum jurusan sistem informasi dan teknik informatika berada dalam satu rumpun lulusan kedua jurusan ini sama-sama akan menyandang gelar Sarjana Komputer (S.Kom) sehingga mampu menerjemahkan kebutuhan bisnis menjadi kebutuhan teknis teknologi informasi.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar