Macam - Macam String Pada Java

Daftar Isi

    LancangKuning - Kita sudah tahu bahwa string itu merupakan salah satu tipe data yang tidak hanya terdapat pada bahasa java saja, melainkan sebagian dari kita sudah mempelajari string pada bahasa pemrograman lain seperti bahasa C.

    Tipe data string  pada java merupakan tipe data yang bisa menyimpan berbagai karakter sekaligus seperti huruf, angka, dan banyak karakter lainnya, yang pada umumnya suatu string dapat ditandai dengan adanya kumpulan dari berbagai jenis karakter yang ditulis diantara tanda kutip ganda atau yang tunggal. Dan pada bahasa java, tipe data string dibuat dengan menggunakan keyword string, dan selain itu teks string ini harus berada di dalam tanda kutip dua .

    Dalam pemrograman string java merupakan aspek yang sangat penting , karena dapat mempelajari tentang bagaimana mengenai class dan objek melalui penggunaan string. String ini bukanlah tipe data primitif tetapi melainkan adalah tipe data referensi.

    Dasar- dasar string java yang perlu anda ketahui adalah:

    • Mendeklarasikan variable string
    • Menetapkan string pada variable
    • Menggunakan metode pada class string
    • String mengandung lebih dari satu karakter dan yang menggunakan double quote ketika akan diberikan nalainya.
    • Shirt Extra merupakan variable string, sedangkan nilainya yang sering disebut juga sebagai literal string.

    Macam-macam operasi string pada java

    • Java String Length

    Jenis dari metode java string length ini dapat berfungsi sebagai alat penghitung panjang dari sebuah string. Metode ini dapat mengembalikan jumlah total dari sebuah jumlah karakter yang berada di dalam string tersebut.

    • Java String Compare To

    Metode jenis ini dapat bertujuan untuk membandingkan antara dua buah string, yang dimana isi dari kedua string tersebut dikonversikan terlebih dahulu ke dalam ASCII yang nantinya hasil dari perbandingan dari kedua string tersebut adalah:

    1. Jika s1 > s2 , maka akan mengembalikan bilangan positif
    2. Jika s1 < s2 , akan mengembalikan bilangan negative
    3. Jika s1 == s2, maka akan mengembalikan nilai 0
    • Java string Is Empty

    Metode ini sangat berfungsi untuk mengecek apakah salah satu sebuah string tersebut mengandung nilai atau tidak, dan hasil yang dikembalikan adalah berupa nilai Boolean yaitu: True atau false. Jika sebuah string tidak mengandung isi apapun, maka hasilnya aka nada true, sedangkan yang ada nilainya, maka hasilnya akan false.

    • Java string trim

    Jenis metode ini berfungsi untuk menghapus space atau spasi. Metode tersebut akan memeriksa nilai Unicode karakter ruang yang sebelum maupun yang sesudah string, dan jika ada maka akan menghapus spasi dan mengembalikan string yang telah dihilangkan oleh karakter ruang tersebut.

    • Java string concat

    Metode ini dapat berfungsi untuk menggabungkan dua buah string , yang kemudian dapat mengembalikan gabungan dari string tersebut.

    • Java string replace

    Jenis metode ini berfungsi untuk dapat mengganti beberapa karakter yang pada string dengan menggantinya dengan karakter yang sudah ditentukan sebelumnya.

    •  Java string to Lower Case

    Ini berfungsi untuk mengkonversi karakter-karakter pada suatu string dan menjadikannya huruf kecil, dan apabila terdapat huruf besar , maka akan dirubah ke huruf kecil. Jika huruf kecil, maka tentunya akan dipertahankan dalam bentuk huruf kecil karena memang itulah fungsi dari metode ini.

    • Java string to Upper

    Metode ini dapat mengubah huruf menjadi huruf besar dan ini merupakan kebalikan dari mengkonversi menjadi huruf kecil.

    Terdapat 2 cara untuk membuat string pada pemrograman java

    1. String Literal
      Dengan menetapkan literal pada instance. Dan oleh karena itu objek string yang memiliki string literal, dalam hal adalah java dan memberikannya kepada instance string tersebut,
    2. Keyword new
      Ketika anda mencoba menetapkan objek pada string yang sama dan pada literal yang berbeda, maka compiler akan hanya membuat satu objek saja dan membuat literal-literal tersebut mengarah pada objek yang sama.

    Demikianlah artikel dari pembahasan tentang macam-macam string pada java semoga dapat membantu.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam - Macam String Pada Java
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar