Intip Yuk Permainan Tradisional Yang Tidak Kalah Seru Dengan Permainan Masa Kini

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Semakin berkembangnya zaman maka semakin maju pula pola fikir seseorang. Kita sekarang berada pada era dimana orang-orang lebih memilih hal simple untuk membuat sesuatu, pola pikir seperti itu bukan hanya dilakukan oleh orang-orang tua, bahkan anak-anak sekarang juga seperti itu, sebagai contoh saya berikan adalah dalam bermain, jika anak-anak dulu menyukai permainan seperti laying-layang, gasing , kejar-kejaran.

    Nah pada kenyataannya anak-anak sekarang lebih memilih game yang simple dan yang tidak membuang banyak tenaga , seperti gadget misalnya. Mereka lebih memilih memainkan permainan pada gadget mereka daripada memainkan permainan tradisional, itu semua terjadi karena perkembangan zaman.

    Sangat miris, orang-orang zaman sekarang tidak mengetahui permainan tradisional. Nah kali ini saya akan mencoba memberikan rekomendasi permainan tradisional yang tidak kalah seru dengan permainan masa kini.

    1.Layang –layang

    Layang-layang yang biasa disebut dengan wau ini adalah salah satu permainan tradisional yang saya rekomendasikan , karena sampai sekarang saya masih bermain layang-layang. Permainan satu ini tidak hanya di mainkan anak kecil tetapi juga orang-orang tua juga masih bermain layang-layang karena keseruannya.

    Cara membuat layang-layang ini terbilang cukup rumit, karena kita harus menyeimbangkan sayap satu dengan yang lainnya, dan menempelnya dengan kertas minyak atau plastic yang ditempelkan di kerangka layang-layang atau wau tersebut, dan kita membuat terajut layangan, terajut adalah tali yang diikatkan di layang-layang yang berfungsi untuk menyambungkan layang-layang dan benang yang kita gunakan sebagai pegangan agar layang-layang bisa di kontrol.

    Layang-layang biasanya dimainkan oleh 2 orang, yang mana orang pertama bertugas sebagai penarik benang sehingga layang-layang tersebut dapat terbang. Dan yang orang kedua bertugas sebagai pemegang layang-layang sebelum di tarik (anjung), dan tentunya kita juga membutuhkan angin yang cukup sebagai tenaga pendorong agar wau dapat terbang tinggi.

    2.Gelasing

    Permainan kedua adalah permainan tradisional gelasing , permainan ini adalah permainan tradisional tertua dalam sejarah permainan tradisional. Mainan ini berputar pada satu titik ini juga permainan rekomendasi selanjutnya. Mainan ini juga telah di kembangkan sekarang, tetapi pada awalnya gelasing ini dibuat dengan menggunakan bamboo atau kayu yang di bentuk seperti bola, yang dibuat runcing pada bagian bawah sebagai tumpu agar gelasing dapat berputar pada satu titik.

    Cara memainkan gelasing ini cukup mudah, kalian hanya perlu melilitkan tali pada bagian tengah gelasing, biasanya tali memiliki panjang 1 meter, lalu dorong gelasing kedepan hingga lilitan terlepas , nah gelasing akan berputar. Bahkan di tempat-tempat tertentu permainan ini di lombakan, dengan aturan gelasing  siapa yang paling lama berputar maka itulah yang akan menjadi pemenang dalam permainan itu.

    3.Engrang

    Permainan rekomendasi selanjutnya adalah engrang, permainan tradisional satu ini adalah permainan yang paling umum kita jumpai di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda. Mamainkan engrang ini cukup sulit karena kita memerlukan keseimbangan tubuh untuk naik keatas engrang tersebut dan tidak jatuh, engrang biasanya dibuat menggunakan bamboo dan membuat pijakan pada bamboo sebagai tumpuan kita tegak.

    Engrang ini juga dijadikan sebagai lomba di tempat-tempat tertentu. Cara menentukan pemenangnya adalah siapa yang paling laju berjalan menggunakan engrang dialah pemenangnya.

    Masih banyak lagi rekomendasi permainan tradsional yang bisa kalian lakukan di Indonesia ini, jangan pernah terpaku hanya dengan gadget kalian, cobalah permainan-permainan tradisional , bukan hanya seru tetapi dapat membuat tubuh lebih sehat.(Raga)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Intip Yuk Permainan Tradisional Yang Tidak Kalah Seru Dengan Permainan Masa Kini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar