Struktur Memori Arsitektur Dbms Enterprise

Daftar Isi

    LancangKuning - Sistem perusahaan adalah sistem kompleks yang terdiri dari banyak subsistem yang menyediakan kemampuan bisnis penting seperti keuangan, manajemen material, kecerdasan bisnis, manajemen hubungan pelanggan, dan banyak lagi. Arsitektur sistem perusahaan mengalami banyak perubahan selama beberapa dekade terakhir.

    Dari sistem pertama yang mengandalkan satu database hingga penyiapan saat ini dengan serangkaian sistem paralel dan penyimpanan data. Arsitektur seperti itu terdiri dari beberapa komponen, masing-masing menyimpan kumpulan datanya sendiri (redundan) dan dengan cakupan tugas yang sangat khusus, adalah apa yang kami sebut Arsitektur Perusahaan Terpisah (SEA).

    Banyak tuntutan yang berbeda menyebabkan arsitektur seperti itu, misalnya. Permintaan untuk kemampuan analitis yang dimasukkan gudang data ke dalam sistem perusahaan atau lebih banyak permintaan baru-baru ini sebagai kemampuan komputasi grafik atau konsep loop tertutup. Memenuhi permintaan dengan menambahkan komponen terpisah, memfasilitasi kemampuan beradaptasi yang tinggi, berbeda dengan memodifikasi atau bahkan merekayasa ulang sistem yang ada. Dengan cara ini, persyaratan baru terpenuhi pada waktunya sambil menghindari modifikasi pada sistem yang terkait dengan bisnis dan sistem misi kritis.

    Namun dalam jangka panjang, tidak hanya pemeliharaan sistem redundan menjadi semakin mahal, juga kemampuan beradaptasi terganggu karena pertukaran data antara komponen dan konsistensi data menjadi semakin kompleks dalam arsitektur terpisah.

    Keberagaman model data dan redundansi data yang melekat antara sistem transaksional dan analitis karena itu mengakibatkan penalti ekonomis melalui biaya pemeliharaan yang tinggi dan fleksibilitas yang berkurang. Pada akhirnya itu memperlambat perkembangan sistem, karena setiap komponen dan lapisan tambahan meningkatkan datalatensi dan redundansi data.

    Arsitektur Perusahaan

    Saat ini rancangan sistem perusahaan terus berubah selama beberapa dekade terakhir. Sistem perusahaan pertama menggunakan database tunggal untuk menjalankan semua aplikasi bisnis, mencakup proses bisnis, dan mempertahankan data. Dengan meningkatnya permintaan untuk Queri yang berjalan lama dalam tugas analitis, sistem perusahaan telah dipisahkan.

    Untuk menangani beban kerja yang berbeda, aplikasi dipisahkan menjadi sistem transaksional dan analisis. Dengan ini sistem transaksional dijalankan menggunakan database yang dioptimalkan untuk menulis (biasanya RDBMS tradisional), sementara data yang diperlukan untuk Queri analitik telah ditransfer ke sistem tambahan, misalnya, Gudang Data En-terprise (EDW).

    Permintaan yang meningkat untuk laporan analitis yang cepat dan kemampuan untuk memproses Queri analitik yang berjalan lama telah menjadikan EDW sebagai komponen yang sangat diperlukan dalam lingkungan bisnis dan juga sangat memengaruhi desain mereka. Generasi pertama gudang data perusahaan diimplementasikan menggunakan RDBMS berorientasi baris tradisional dengan data agregat untuk memproses Queri analitik, hanya untuk sering bekerja dari sistem transaksional.

    EDW selanjutnya menyimpan data menggunakan skema data yang disesuaikan dan mesin penyimpanan yang dioptimalkan untuk beban kerja analisis (misalnya skema bintang dan database berorientasi kolom).

    Komponen Arsitektur DBMS Enterprise.

    • Data dictionary merupakan sebuah repositori yang menyimpan data definisi dan deskripsi dari struktur data dalam database.
    • DBMS Utilities merupakan sebuah program yang memungkinkan user atau pengguna mengelola data dengan cara create, edit, delete data dan file.
    • Report Generator adalah program untuk menghasilkan laporan yang berasal dari data yang di simpan atau tersimpan.

    Struktur Memori Arsitektur DBMS Enterprise.

    • Struktur hierarki digunakan dalam DBMS mainframe awal. Struktur ini sangat sederhana tetapi tidak fleksibel karena hubungan terbatas pada hubungan satu ke banyak IBM sistem IMS dan mobile RDM.
    • Struktur jaringan terdiri dari hubungan yang lebih kompleks dengan banyak cacatan dari akses mengikuti salah satu dari beberapa jalan.
    • Struktur relasional, merupakan struktur yang paling umum digunakan saat ini. Struktur seperti ini digunakan oleh mainframe, midrange, dan sistem komputer mikro.
    • Struktur multidimensi, struktur seperti ini menampilkan tampilan spreadsheet seperti data dan mudah untuk mempertahankan karena cacatan disimpan sebagai artibut fundamental.(Sukri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Struktur Memori Arsitektur Dbms Enterprise
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar