Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

Daftar Isi

    LancangKuning - Ilmu pemerintahan merupakan suatu bidang yang mengkaji suatu permasalahan organisasi, administrasi, manajemen, dan kepemimpinan dalam penyelenggaraan organisasi maupun badan public yang bertugas melaksanakan kekuasaan Negara sebagai mana yang telah tertuang dalam peraturan perundang-undangan.

    Selama masa kuliah kamu juga akan dibekali dengan keterampilan komunikasi dan negosiasi. Jurusan ini sangat cocok untuk orang yang tertarik untuk terjun kedalam dunia politik dan pemerintahan.

    Pengetahuan dan Keahlian

    • Kemampuan komunikasi
    • Kemampuan negosiasi
    • Kemampuan melakukan analisis
    • Kemampuan berfikir logis
    • Kemampuan problem solving

    Skill yang Harus di Kuasai

    Meski kamu mempelajari ilmu pemerintahan, tetapi kamu harus mengembangkan skill komunikasi seperti public speaking serta negosiasi. Selain dari itu kamu juga harus menguasai kemampuan untuk berfikir kritis dan logis, kemampuan untuk menganalisis dan kamu juga harus memiliki wawasan.

    Peluang Kerja Lulusan Ilmu Pemerintahan

    Lulusan Ilmu Pemerintahan dapat bekerja menjadi aktivis LSM, staf anggota legislative pusat ataupun daerah, jurnalis pemerintahan ataupun politik, dan konsultan pemerintahan.

    Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Pemerintahan?

    Ada sangat banyak keuntungan yang didapat dari seorang lulusan ilmu pemerintahan, diantaranya :

    1. Seorang lulusan Ilmu Pemerintahan umumnya memiliki wawasan yang luas, peka dengan isu-isu yang ada di pemerintahan maupun politik. Cocok dengan orang yang ingin terjun ke dunia media dan menjadi jurnalis.
    2. Orang yang memahami ilmu pemerintahan sangat dibutuhkan untuk mewarnai dinamakan pemerintahan yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.
    3. Lulusan ilmu pemerintahan juga dapat terjun kedunia politik, misalnya dengan cara menjadi anggota partai politik atau menjadi anggota legislatif.
    4. Ketika kuliah kamu sudah akan dibiasakan untuk menganalisis suatu kebijakan, nah bekal ini sangat bermanfaat untukmu ketika menjadi seorang konsultan pemerintahan. Kamu dapat ­­­­­membantu pemerintahan dalam menyusun maupun mengevaluasi suatu kebijakan public
    5. Kamu juga bisa jadi aktivitas organisasi masyarakat karena semasa kuliah sudah dibekali kemampuan dalam pengetahuan terkait dengan cara menjadikan masyarakat yang ideal dengan kebijakan yang efektif.

    Prospek Kerja

    Pemerintahan tidak hanya Cuma bisa kerja di instansi pemerintahan aja. Mulai dari dunia politik, industry media, sector pendidikan, juga lainnya membutuhkan lulusan ilmu pemerintahan. Bahkan kamu juga bisa masuk ke perusahaan- perusahaan membutuhkan berbagai disiplin itu, ataupun mengikuti program management trainee. Gaji yang ditawarkanpun sangat kompetetif, dengan mempertimbangkan aspek kemampuan, pengalaman, area bekerja, juga jabatan. Nah, kalau masih bingung, berikut ini ada beberapa pilihan karier yang bisa kamu pilih.

    Dunia Perkuliahan

    Umumnya, kamu akan dibentuk selama 4 tahun atau 8 semester apabila melanjutkan studi dijurusan ilmu pemerintahan. Kamu akan belajar bagaimana pemerintah memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat akan jasa dan pelayanan public di suatu Negara. Selain dari itu, dibahas pula bagaimana lembaga public melaksanakan tugas dan fungsi guna mencapai tujuan penyelenggaraan Negara. Objek dan subjek kajian di ilmu pemerintahan ini mencangkup lembaga eksekutif, legislative maupun yudikatif serta lembaga-lembaga lain yang di atur dalam peraturan perundang-undangan.

    Beberapa mata kuliah yang bisa kamu dapati, misalnya pelayanan sector public, Politik Keuangan Daerah, Analisis dan Teknik Negosiasi, Tata kelola pemerintahan, Komunikasi Pemerintahan, Perilaku Pemerintahan, Teknik Analisis Kebijakan, masyarakat Sipil dan Demokrasi, Pemerintahan Daerah, Polling dan Opini public, dan lain-lain. Setelah lulus Kamu akan mendapat gelar sarjana ilmu pemerintahan yang di tawarkan di berbagai kampus bergengsi.

    Universitah yang Menyediakan Jurusan Ilmu Pemerintahan

    Beberapa universitas di Indonesia juga telah menyediakan jurusan ilmu pemerintahan yang sudah diakreditasi A. Seperti universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Riau.

    Apa saja yang akan dipelajari?

    Dalam jurusan ilmu pemerintahan kamu akan mempelajari dari teori-teori ilmu pemerintahan untuk menjelaskan fenomena dalam pemerintahan, lalu kamu juga akan mempelajari permasalahan organisasi, administrasi, manajemen, kepemimpinan dalam penyelenggaraan organisasi public ataupun badan-bdan public seperti lembaga legislative, yudikatif, dan eksekutif.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait