Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Pada Remaja

Daftar Isi

    LancangKuning - Mengalami haid yang tidak teratur akan membuat anda merasa tidak nyaman terutama dengan munculnya rasa kram hingga menimbulkan darah yang banyak sampai mengganggu aktivitas. Penyebab utama dari haid yang tidak lancer merupakan ketidakseimbangan suatu kadar hormon estrogen serta progesterone dalam tubuh. Faktor yang dapat mempengaruhi perubahan kadar kedua hormon contohnya seperti usia, kehamilan, menopause, hingga alat kontrasepsi tertentu.

    Ada beberapa langkah cara mengatasi haid yang tidak teratur pada remaja, yaitu:

    1. Berat badan yang ideal

    Berat badan yang berlebih juga bisa membuat pemicu di balik gangguan haid. Agar dapat mengetahui berat badan anda termasuk ideal atau tidak, kamu perlu melakukan perhitungan dengan rumus tertentu. Anda juga tidak perlu khawatir di masa dewasa ini, karena telah banyak situs atau aplikasi penghitung berat badan yang dapat diunduh dan lebih praktis. Jika anda masih ragu, anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli gizi, dokter umum, atau dokter spesialis gizi tentang berat badan ideal anda. Jika anda memiliki berat badan yang kurang normal, anda dapat menanyakan cara meraih batas angka ideal berat badan.

    1. Olahraga dengan teratur

    Olahraga memiliki banyak manfaat yang salah satunya untuk membantu mengembalikan siklus menstruasi anda pada kondisi normal dengan mengontrol berat badan. Dengan olahraga dapat meningkatkan produksi hormon endorphin pada tubuh. Kemudian akan dapat membantu menurunkan level stress yang menjadi salah satu pemicu haid yang tidak lancar.

    1. Yoga

    Menurut NCBI, rutin berlatih yoga akan membantu para kaum hawa untuk mengatasi haid yang tidak lancar. Yoga dapat dilakukan selama 35-40 menit per hari dalam lima hari secara rutin selama enam bulan dan telah terbukti dapat menyeimbangkan kondisi hormon.  Selain dapat mengatasi haid yang tidak lancer, yoga juga dapat mengurangi kram menstruasi dan menstabilkan mood juga emosi.

    1. Kayu manis

    Kayu manis ini dapat menjadi rempah pelengkap hidangan yang berpotensi dapat menormalkan periode menstruasi serta bermanfaat sebagai terapi bagi orang yang mengalami penderita polycystic ovary syndrome (PCOS) dan terbukti berdasarkan studi tertentu yang diadakan pada tahun 2014. Dalam penelitian lain menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi mual dan muntah akibat dysmenorrhea primer.

    1. Vitamin D

    Dengan mengonsumsi vitamin D, akan dapat membantu untuk melancarkan siklus menstruasi yang sedang mengalami gangguan. Vitamin ini juga dapat mengatasi haid yang tidak lancer yang disebabkan oleh PCOS dan mengurangi depresi serta berat badan.

    1. Vitamin B

    Dapat dibuktikan bahwa vitamin B bisa melancarkan siklus haid seorang wanita serta direkomendasikan untuk mereka yang sedang berusaha untuk hamil. Vitamin B juga dapat mencegah kedatangan premenstrual syndrome (PMS) yang sering datang 1-2 minggu sebelum masa haid datang.

    1. Cuka apel

    Jika haid yang tidak lancer disebabkan oleh PCOS, maka dengan mengonsumsi cuka apel mungkin akan dapat membantu. Dianjurkan untuk meminum sebanyak 15 gram per harinya untuk mendapatkan manfaat ini. Dan jika tidak menyukai rasa cuka apel, anda juga bisa mencampurkan air atau sedikit madu ke dalam cuka apel tersebut.

    1. Nanas dan jahe

    Nanas juga menjadi salah satu cara mengatasi haid yang tidak lancar. Daging buah nanas memiliki enzim bromelain yang mampu melunakkan dinding Rahim dan berpotensi untuk melancarkan menstruasi. Sementara itu, jika mengonsumsi suplemen jahe maka dapat dikatakan untuk memperbaiki kondisi menstruasi dengan pendarahan yang sangat banyak. Manfaat kedua bahan pangan ini juga perlu diteliti lebih jauh agar hasilnya bisa akurat.

    Kondisi yang seperti ini tidak boleh anda anggap sepele jika gejalanya semakin parah. Segeralah untuk menemui dokter jika anda mengalami:

    • Sebelum usia 45 tahun tiba-tiba menstruasi anda menjadi tidak teratur
    • Sering mengalami menstruasi setiap 21 hari atau kuang dari setiap 35 hari
    • Mengalami menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari
    • Ada perbedaan besar (setidaknya 20 hari) antara siklus menstruasi terpendek dan terpanjang anda
    • Mengalami menstruasi yang tidak teratur dan anda sedang berjuang untuk hamil

    Jika anda mengalami masalah seperti yang disebutkan diatas, maka segeralah memeriksakan diri untuk mengetahui penyebabnya.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Pada Remaja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar