Karakteristik Transmisi Analog

Daftar Isi

    LancangKuning - Transmisi analog merupakan sistem yang mentransmisikan sinyal-sinyal analog time ataupun analog waktu berada pada nilai fungsi pada interval waktu yang didefinisikan. Sinyal yang besaran pada powernya bisa berubah-ubah atau bisa disebut dengan aplitude dan banyaknya perubahan besaran di dalam satu siklus di waktu yang tertentu yang disebut dengan frekuency.

    Karakteristik transmisi analog

    • Sinyal analog transmisi tanpa harus memperdulikan konten
    • Bisa data analog ataupun digital
    • Mengalami redaman THD jarak
    • Menggunakan amplifier untuk memperkuat sinyal serta memperkuat noise

    Sinyal analog

    • Mengetahui cara dimana letak data yang dipropagasikan
    • Analog
    • Secara fungsi berubah
    • Macam-macam media
    • Kawat, fiber optic, udara
    • Bandwith suara 100hz sd 7khz
    • Bandwith telepon 300hz sd 3400Hz
    • Bandwith video 4Mhz

    Spektrum daya analog

    Sebuah transmisi analog hampir memiliki kemampuan yang tak terbatas dalam berkomunikasi. Misalnya saat kita menggunakan analog sinyal dalam berkomunikasi secara lisan, suara yang kita hasilkan akan bergetar di udara pada frekuensi serta amplitudo yang berbeda. Getaran ini diterima oleh gendang telinga serta di impresentasikan sebagai kata.

    Perubahan kecil yang pada suara dan volume secara dramatis akan mengubah arti dari apa yang kita ucapkan. Amplitudo adalah puncak gelombang signal analog yang berubah-ubah setiap siklus waktu yang tertentu. Setiap puncak gelombang dari beberapa amplitude yang digunakan untuk menyampaikan informasi yang berbeda sesuai dengan karakteristik alpa-numerik yang kita katakan.

    Cara yang sangat efisien dalam menyampaikan informasi, setiap siklus memiliki gelombang yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi tambahan. Permasalahan yang sering terjadi pada transmisi analog adalah mudah sekali terkena gangguan noise atau interferensi noise merupakan sinyal tambahan darihal yang tidak diinginkan. Sehingga dapat menghasilkan sejumlah retransmission data, serta mengakibatkan lambatnya suatu pengiriman atauun sedang mentransfer informasi.

    Setiap orang berbicara akan menghasilkan noise, bahkan sangat sulit untuk membedakan antara suatu diskusi dengan pembicaraan yang lain dalam satu ruangan kelas tersebut. Sinyal analog sangat berpengaruh dengan noise, sehingga akan sangat sulit untuk menentukan amplitudo yang sebenarnya dari setiap gelombang. Sinyal analog ini bisa menghasilkan informasi yang salah satu memerlukan retranmission data untuk mendapatkan informasi yang benar.

    Dalam bentuk ini merupakan bentuk yang sangat simpel, digital communication lebih resistant/bertahan terhadap noise, tapi juga memiliki kelemahan yang sangat besar. Pada sinyal analog dalam penyampaian informasi untuk ASCII karakter A bisa ditransmisi dengan single gelombang analog atau single getaran. Tetapi pentransmisiannya menggunakan binary ataupun digital serta membutuhkan delapan gelombang atau vibration untuk mentransmisikan, meskipun mempunyai kelemahan, biasanya lebih efisien menggunakan digital communication saat diperlukan.

    Rangkaian pada analog membutuhkan lebih banyak overhead pada saat mendeteksi serta memperbaiki noise transmisi. Maka dari itu inilah alasannya mengapa jaringan modern menggunakan digital communications. Overhead suatu nyawa informasi tambahan yang haris ditransmisikan pada suatu circuit untuk memastikan pada sistem penerima dalam mendapatkan data yang sebenarnya serta data tersebut jauh dari kesalahan.

    Evolusi dalam perkembangan teknologi bisa di pastikan akan menuju ISDN Integrated Service Digital Network) yaitu, semua jenis pelayanan telekomunikasi akan diberikan secara terpadu, dalam artian sebagai dalam satu sistem penyambungan dan transmisi yang akan dapat disalurkan berbagai macam bentuk signal (suara, gambar, data dan lainnya).

    Factor penunjang dalam pengembangan ke arah itu pertama, karena adanya tuntutan dalam mendapatkan sistem yang ekonomis dan efisien, dan yang kedua adalah akibat adanya perkembangan yang sangat pesat di sektor teknologi komponen yang telah memungkinkan dalam pembuatan sistem mampu memiliki keadaan tinggi dan murah. Untuk dapat bekerja sistem transmisi digital tergantung dari sifat statistic signal.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karakteristik Transmisi Analog
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar