Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Digital

Daftar Isi

    LancangKuning -Semakin kesini perkembangan teknologi semakin pesat dan berdampak pada munculnya berbagai informasi di media teknologi. Salah satu nya yaitu yang mengikuti perkembangan teknologi ialah media komunikasi. Komunikasi merupakan elemen yang fundamental di dalam kehidupan manusia di dunia. Tanpa komunikasi, manusia tidak akan bisa berinteraksi dan menjadi manusia yang terisolasi.

    Komunikasi yang berbasis teknologi ini sudah mulai dirasakan oleh masa milenial yang terutama di kalangan remaja. Manusia tidak akan merasa kesulitan lagi tanpa harus bertatap muka.

    Internet adalah suatu transmisi digital yang berguna untuk menyebarkan informasi kepada semua kalangan masyarakat. Internet juga dapat digunakan apabila ada perangkat (computer atau smartphone) yang akan digunakan agar terkoneksi dengan internet. Kecanggihan teknologi ini dapat mengubah transmisi analog menjadi transmisi digital.

    Apa yang kamu pikirkan setelah mendengar tentang Transmisi Digital. Transmisi digital merupakan pengiriman informasi yang melalui media komunikasi fisik dalam bentuk sinyal digital. Sinyal analog juga terlebih dahulu harus digitalkan sebelum dikirim. Tetapi, karena informasi digital tidak bisa dikirim langsung dalam bentuk 0 dan 1, maka informasi tersebut harus dikodekan terlebih dahulu dalam bentuk signal dengan uda keadaan, misalnya perbedaan tegangan, antara dua kawat, ada atau tidaknya arus dalam kawat, ada atau tidaknya cahaya.

    Kelebihan

    Transmisi digital ini mempunyai kelebihan sebagai berikut:

    1. Transmisi digital ini sangat memudahkan seseorang dalam memperoleh informasi tanpa ada batasan. Kamu akan menjadi lebih mudah mengakses informasi dimana pun dan kapan pun kamu berada. Transmisi digital mempunyai kelebihan fleksibel dan aksesbilitas.
    2. Manfaat transmisi digital mempunyai inovasi teknologi yang akan terus menerus. Sehingga pengguna akan dikenalkan dengan berbagai pelayanan pelayanan baru. Selain itu, transmisi digital juga akan mempermudah penggunanya untuk mengupdate atau memperbarui data data digitalnya yang akan tersimpan melalui transmisi data tersebut.
    3. Komunikasi yang memakai transmisi digital ini mempunyai tingkat kesalahan yang sedikit dibandingkan dengan transmisi lainnya. Transmisi digital ini bisa meminimalisir kesalahan ketika dalam proses penyebaran informasi ke berbagai perangkat dengan transmisi digital.
    4. Transmisi digital ini menyediakan kapasitas penyimpanan data yang besar sebab disimpan di jaringan internet atau pun di dunia maya dimana perangkat ini tidak akan terbebani dengan kapasitas data yang cukup besar. Kelebihan transmisi yang ini menjadi keunggulan yang utama untuk perusahaan dan lembaga yang memang mempunyai data data lebih banyak karena bersinggungan dengan masyarakat lainnya.
    5. Alat-alat yang akan digunakan dalam transmisi digital ini lebih stabil, praktis dan mempunyai daya tahan yang lumayan lama selama pemakaian berlangsung. Biaya pemeliharaan pun relative lebih sedikit karena tahan lama.
    6. Menyebar luaskan informasi melewati transmisi digital tidak perlu menggunakan ruangan yang besar untuk menyimpan data dan perangkat lainnya. Hanya membutuhkan seminimal mugkin dan perangkat yang digunakan tidak perlu dengan ukuran besar untuk penyimpanan data atau pun memori.
    7. Informasi yang menggunakan transmisi digital ini lebih mudah di simpan dalam bentuk atau pun format yang tergantung keperluan pengguna. Selain itu, data-data digital tersebut akan jauh lebih mudah ditransfer ke beberapa perangkat eksternal lainnya.
    8. Informasi yang akan disajikan dengan menggunakan transmisi digital lebih cepat dan mudah di akses oleh berbagai kalangan. Kecepatan dalam mendapatkan informasi ini bisa membuat penggunanya tidak kurang update terhadap informasi yang terkini.

    Kekurangan

    Transmisi digital juga memiliki kekurangan yaitu:

    1. Transmisi digital mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar ini ternyata rentan dalam terkena kekurangan data yang di akibatkan oleh virus.
    2. Transmisi digital ini lebih terfokus pada penggunanya. Dimana kemudahan dalam mengakses informasi dengan transmisi digital ini membuat penggunanya menjadi malas dalam melakukan aktivitas.
    3. Transmisi digital ini memiliki sedikit pengeluaran untuk pemeliharaannya, namun, jika perangkat transmisi digital rusak pengguna tersebut harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengganti dengan perangkat yang baru.
    4. Transmisi digital harus mempunyai sinkronisasi pada setiap proses pengiriman dan penerimaan data agar semua data yang disimpan tidak akan hilang.
    5. Rangkaian elektronika dalam transmisi digital lebih susah dan komplek jika dibandingkan dengan rangkaian elektronika transmisi analog.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Digital
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar