Ini Nih Alasannya Kenapa Kamu Harus Pemanasan Dulu Sebelum Olahraga

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Olahraga itu suatu kegiatan yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu saja olahraga juga bermanfaat bagi hubungan sosial juga loh,, kok bisa ya??? Ya, dengan melakukan kegiatan olahraga, kita akan bertemu dengan orang yang baru.

    Hingga saat ini olahraga sudah memiliki banyak variasi. Seperti olahraga ringan, berat, bahkan sampai dengan extreme sekalipun juga ada sobat, seperti panjat tebing.

    Meskipun  memiliki banyak manfaat dan juga cenderung mudah dilakukan, namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Beberapa hal tersebut seperti pemanasan, memahami kemampuan dan batasan dalam melakukan gerakan olahraga, jangan berlebihan dalam olahraga, dan segera berhenti jika merasa kelelahan.

    Pernah nggak sih persendian kamu terasa sulit untuk di gerakkan dan betis terasa mengeras setelah lari empat atau lima putaran? Jika benar mungkin itu akibat karena  kamu yang terlupa untuk pemanasan sebelum aktivitas olahraga. Nah, meskipun pemanasan tidak akan membakar ratusan kalori, namun kebiasaan yang sering di anggap membuang waktu ini memiliki tempat yang sangat penting dalam rutinitas olahraga.

    Manfaat pemanasan

    Pemanasan yakni sesi yang berlangsung sebelum melakukan aktivitas fisik; biasanya pemanasan akan terdiri dari latihan kardiovarkular ringan yang di variasikan dengan peregangan. Nah, biasanya pemanasan dilakukan selama 20 hingga 30 menit.

    Ada banyak alasan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga. Pada dasarnya, pemanasan melayani dua tujuan yang berguna untuk mencegah cedera  dan meningkatkan stamina.

    1. Mencegah cedera

    Alasan yang paling utama untuk melakukan pemanasan yakni demi mencegah cedera. Otot yang sudah melakukan pemanasan menjadi lebih halus dan lentur. Ini menujukan bahwa gerakan keras dan tiba-tiba, seperti tendangan tinggi atau posisi mendarat canggung akan lebih tahan banting terhadap potensi otot kram, terkilir, hinga sobek. Otot sobek bisa menjadi cedera serius yang membutuhkan waktu lama untuk pulih.

    1. Meningkatkan performa olahraga

    Pemanasan sebelum olahraga akan merefleksi otot-otot anda agar jadi fleksibel sementara juga meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai otot. So,, hasilnya akan meningkatkan aliran darah juga membawa lebih banyak oksigen ke seluruh penjuru tubuh yang akan meningkatkan energi otot serta memperluas refleks dan jangkauan geraknya. Nah,, peningkatan suhu otot berperan juga terhadap peregangan dan relaksasi otot yang lebih cepat. Maka dari itu, transmisi saraf dan metabolisme otot meningkat, sehingga otot-otot bekerja lebih efisien.

    1. Menjaga dan memelihara tulang dan persendian

    Penting sekali pemanasan sebelum olahraga juga meluas hingga mempengaruhi tulang dan sendi, yang merupakan bagian tubuh yang juga rentan cedera saat latihan. Untuk tipe olahraga yang mengharuskan anda menempatkan banyak tekanan pada lutut, seperti lari, oleh karena itu maka wajib hukumnya melakukan pemanasan. Dengan merenggangkan tulang belakang dan memanjangkan piringan-piringan tulang belakang anda juga dapat mencegah cedera serius pada punggung anda.

    1. Mempersiapkan mental untuk latihan fisik berat

    lagi-lagi pemanasan juga merupakan kesempatan yang baik bagi seorang individu demi mempersiapkan mental agar selalu memberikan seluruh 100 persen saat melakukan latihan.

    Kita semua sangat butuh pemanasan sebelum olahraga apapun. Karena jika tidak di lakukan maka kemungkinan cedera akan semakin tinggi.

    Pemanasan hanya sekedar gerakan mudah dan singkat. Harus dilakukan supaya otot tubuh semua tidak kaget saat di bawa ke gerakan yang lebih susah.(Rani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ini Nih Alasannya Kenapa Kamu Harus Pemanasan Dulu Sebelum Olahraga
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar