Komponen Sistem Informasi Manajemen

Daftar Isi

    LancangKuning - Komponen system informasi manajemen ialah elemen-elemen yang membentuk menjadi sebuah system informasi untuk membuat strategi dari suatu perusahaan. Selain itu ada beberapa pengertian komponen system informasi manajemen menurut para ahli. Yaitu:

    1. Leitch dan Davis, menurut beliau komponen system informasi adalah suatu system yang ada di dalam suatu organisasi yang disatukan untuk kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat menejerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dengan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan yang di perlukan.
    2. O’Brien, menyatakan system informasi terdiri dari 5 komponen yaitu:
    • Sumber daya manusia
    • Sumber daya perangkat lunak
    • Sumber daya perangkat keras
    • Sumber daya data
    • Sumber daya jaringan

    Sebagian dari kami juga berpendapat jika seandainya system informasi manajemen jika tidak ada sebuah komponen maka apakah bisa berjalan suatu system informasi tersebut, begitu pula dengan sebaliknya jika suatu komponen tidak ada sebuah system informasi maka kedua nya tidak akan berjalan dengan sesuai dengan keinginan kita.

    Macam-macam komponen system informasi manajemen

    1. Sumber daya data

    Fungsi data ialah untuk menjalankan sebuah transaksi di antara perusahaan di bidang mebel dengan seorang pembeli lalu dikemas menjadi sebuah database, yakni sekumpulan informasi yang akan di simpan di computer secara sistematik sehingga bisa di periksa dengan menggunakan suatu program untuk memperoleh infromasi dari database.

    1. Sumber daya perangkat keras

    Perangkat keras pada system terdiri dari adanya mainframe, microcomputer, minicomputer, alat penyimpan data, pencetak dan perangkat lain yang dihubungkan secara bersama dengan sebuah system komunikasi. Mainframe, microcomputer, minicomputer yaitu suatu system computer berskala besar yang didirikan pada tahun 1960, kemudian berkembang menjadi saat ini.

    1. Sumber daya perangkat lunak

    Sumber daya perangkat lunak adalah segala yang diperlukan dalam intruksi pemrosesan infromasi. Perangkat lunak yaitu bukan hanya berupa program yang secara langsung yang dapat dioperasikan dan mengendalikan computer, tetapi juga merupakan prosedur yang diperlukan dalam sebuah system informasi.

    1. Sumber daya jaringan

    Sumber daya jaringan merupakan salah satu komponen yang diperlukan dalam menyusun system informasi yang terdiri dari:

    • Media komunikasi: kabel UTP, fiber-optis, coaxial dan cellular.
    • Pendukung jaringan yang berupa perangkat lunak, perangkat keras, dan dta teknologi yang dibutuhkan untuk mendukung penggunaan dan operasi suatu jaringan komunikasi. Disini ditekankan lagi bahwa jaringan yang di maksud ialah jaringan yang dapat mendukung sebuah perangkat keras dan lunak agar dapat saling terhubung sehingga bisa berbagi data.
    • Sumber daya manusia
      Manusia sangat dibutuhkan dalam menjalankan seluruh operasi system, sumber manusia ialah pemakai terakhir dan ahli system informasi. Pemakai terakhir dapat juga disebut dengan klien, ialah orang yang menggunakan sebuah system informasi.
      Manusia ialah peran utama dalam menjalakan komponen atau pun informasi. Jika tidak ada manusia maka tidak ada juga yang menjalakan suatu system informasi tersebut.

    Pola pengolahan system informasi manajemen

    Computer merupakan kebutuhan yang paling penting untuk membantu mempercepat pemrosesan pengolahan data atau pun membuat laporan. Computer disini berguna untuk menunjang suatu organisasi agar bisa mengevakuasi kekuatan organisasi di setiap bidang yang di jalankan.

    Ada beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh dari jaringan computer yang dibangun dalam sebuah perusahaan yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang. Yaitu mempermudah kinerja dalam penaikan/peningkatan system, menjaga keamanan data dari perusahan lain, dan sebagai media komunikasi.

    Fungsi system informasi manajemen

    1. Mempermudah pihak manajemen dalam melakukan suatu perencanaan, dan juga menyusun strategi.
    2. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas data yang tersedia akurat dan tepat waktu.
    3. Meningkatkan suatu produktifitas dan menghemat biaya dalam sebuah perusahaan
    4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Karena unit system kerja yang terkoordinir dan sistematis.

    Tujuan system informasi manajemen

    1. Menyediakan suatu informasi saat pengambilan keputusan
    2. Menyediakan informasi yang digunakan dalam sebuah perencanaan, pengevaluasian dan perbaikan bekerlanjutan
    3. Menyediakan informasi yang digunakan dalam sebuah perhitungan harga pokok produk jasa dan tujuan lain yang diinginkan oleh manajemen.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen Sistem Informasi Manajemen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar