Jurusan Sistem Informasi di Riau

Daftar Isi

    LancangKuning - Perkembangan teknologi informasi terus lebih maju dan berkembang bahkan menjadi salah satu dari kebutuhan. Sudah tidak di pertanyakan lagi, jika sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang teknologi informasi sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja.

    Bagi kamu yang ingin tau dan ingin memiliki keahlian di bidang yang terkait dengan teknologi informasi, jika biasa nya kamu menguasai tentang system informasi. Maka di perguruan tinggi adalah tempat yang tepat untuk kamu bisa mendapatkan keahlian di bidang teknologi informasi dengan melalui jurusan system informasi.

    1. Mengenal jurusan system informasi

    System informasi adalah teknologi yang digabung melalui aktivitas penggunaan teknologi untuk menunjang manajemen dan operasi.

    Dengan kata lain, system informasi yakni kombinasi yang meliputi manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data guna mengumpulkan dan mengubah ataupun menyebarkan suatu informasi.

    Secara umum, jurusan system informasi yaitu program studi yang mempelajari kombinasi bidang keilmuan yang mencangkup pada ilmu computer, bisnis dan ekonomi manajemen. Tetapi jurusan ini akan lebih focus pada bidang programming atau software.

    1. Kelebihan jurusan system informasi

    Setiap jurusan pasti ada memiliki kelebihan yang menguntungkan bagi mahasiswanya, tidak terkecuali jurusan system informasi juga memiliki kelebihan.

    Beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika kuliah di jurusan system informasi, yaitu:

    • Focus pemahaman perkembangan dan maintenance
      Kamu bisa mempunyai kemampuan dalam mendefinisi atau menganalisa system informasi yang dibutuhkan dalam satu organisasi. Kamampuan ini bisa kamu dapatkan dari materi materi kuliah yang difokuskan pad perkembangan dan maintenance system informasi.
       
    • Analisa program
      Setiap materi kuliah kamu akan di ajarkan bagaimana kamu bisa menganalisa terkait serta merancang system sesuai yang kamu butuhkan di dalam satu organisasi.
       
    • Tidak terkait perangkat keras
      Jurusan system informasi sangat focus dengan ilmu tentang perkembangan system, sehingga tidak secara langsung melibatkan mahasiswa untuk mempelajari program studi pada perangkat keras.
    1. Prospek kerja lulusan jurusan system informasi

    Menekuni ilmu yang terdapat dari gabungan teknologi informasi dan bisnis, membuka dan memperluas peluang kerja pada lulusan jurusan system informasi. Tidak hanya berkarir di bidang teknologi informasi tepi bisa juga kamu berkarir di bidang bisnis.

    • Web developer
      Kemampuan yang bisa membuat program aplikasi, memberikan peluang pada lulusan jurusan system informasi agar bisa bekerja sebagai web developer. Web developer berperan untuk membuat website sehingga menarik dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan.
    • System analyst
      System analyst bertanggung jawab untuk mengelola aplikasi dan membuat spesifikasi agar bisa digunakan oleh programmer hingga mengidentifikasi kebutuhan user.
    • Network security
      Di sebagian Negara maju, network security merupakan suatu kebutuhan untuk memastikan keamanan di bidang cyber security. Lulusan jurusan informasi pastinya sudah sangat paham ilmu yang terkait keamanan pada system jaringan yang menjadi tugas dari network security. Lulusan jurusan system informasi akan sangat dibutuhkan dalam network security, maka dari itu banyak peluang lulusan jurusan informasi agar bisa bekerja di bidang ini.
    • Database administrator
      Mengelola hingga merapikan setiap data ialah kemampuan yang dimiliki dari lulusan jurusan system informasi yang akan menjadi tugas yang paling utama seorang database administrator. Jika kamu ingin berkarir sebagai database administrator, peluang untuk berkerja sebagai itu sangat diperlukan dan terbuka lebar.
    • Programmer
      Pengetahuan yang kamu dapatkan di bidang teknologi informasi, kamu bisa menjadi seorang programmer. Apa lagi jika kamu memiliki minat di bidang coding itu akan mempermudah kamu sebagai seorang programmer.
    1. Jurusan terbaik system informasi di Riau

    Tidak hanya dengan jurusan, minat dan bakat serta cita-cita, tetapi perguruan tinggi juga menjadi pertimbangan agar kamu bisa mencapai cita-cita. Tentu saja kamu harus memilih perguruan tinggi yang tepat agar kamu dapat mencapai cita-cita dengan mudah.

    Ada beberapa yang bisa kami informasikan tentang jurusan yang ada di Riau yang terkait dengan system informasi, yaitu:

    1. Manajemen dan organisasi
    2. System dan teknologi informasi
    3. Bahasa pemrograman
    4. Algoritma dan struktur data
    5. Arsitektur system informasi perusahaan
    6. Desain dan manajemen proses bisnis
    7. Desain dan manajemen jaringan computer
    8. Dasar-dasar pengembangan software
    9. Analisis dan desain perangkat lunak
    10. Desain basis data
    11. Keamanan asset informasi
    12. Tata kelola TI
    13. Manajemen resiko TI
    14. Manajemen pengadaan dan investasi TI
    15. Etika profesi SI
    16. Pemrograman berorientasi objek
    17. Manajemen dan administrasi basis data
    18. Manajemen proyek TI
    19. Perencanaan sumber daya perusahaan
    20. Dll.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jurusan Sistem Informasi di Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar