Struktur Mesin von Neumann

Daftar Isi

    LancangKuning - Perangkat keras merupakan perangkat elektronik yang menyusun bentuk fisik dari sebuah system komputer. Pada awalnya komputer tersusun dari perangkat keras yang masih bekerja secara mekanis yang digerakkan oleh manusia. Beberapa contoh komputer mekanis adalah mesin diferensial dan mesin analitis buatan Charles Babbage (1792 – 1871).

    Perangkat keras yang bekerja secara elektronik berhasil diciptakan pada masa Perang Dunia Kedua, dimana Inggris berhasil mengembangkan mesin komputer bernama COLOSSUS yang ditunjukkan untuk memecahkan kode ENIGMA milik Jerman.

    Pada jaman modern saat ini hampir semua komputer mengadopsi arsitektur yang dibuat oleh John von Neumann (1903 – 1957). Kunci utama yang ada pada arsitektur von Neumann adalah Central Processing Unit (CPU) yang memungkinkan seluruh fungsi yang ada pada komputer untuk digerakkan melalui 1 sumber tunggal.

    Pada dasarnya komputer arsitektur von Neumann terdiri dari beberapa elemen, yaitu:

    1. Prosesor yaitu pusat dari control dan pemrosesan instruksi pada komputer.
    2. Memori digunakan untuk menyimpan sebuah program dan data yang ada pada komputer.
    3. Perangkat input digunakan sebagai media penangkap respon dari luar
    4. Perangkat output digunakan sebagai media penyaji informasi yang akan dikeluarkan melalui komputer.
    1. Prosesor atau Central Processing Unit (CPU)

    Merupakan tempat untuk melakukan pemrosesan instruksi dan pengendali system yang ada pada komputer. Perkembangan perangkat CPU mengikuti generasi dari berkembangnya system komputer

    Elemen CPU :

    • Control Unit (CU)
    • Arithmatic and Logic Unit(ALU)
    • Register
    • Bus

    Control Unit

    Ini berfungsi sebagai mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada system komputer.

    Arithmatic and Logic Unit(ALU)

    Ini berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.

    Register

    Ini merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya menunggu giliran untuk diproses dan masih disimpan dalam memori utama.

    Bus

    Ini merupakan penghubung antara semua komponen CPU dan berupa sekumpulan kabel parallel untuk mentransmisikan alamat, data, dan juga sinyal – sinyal kontrol.

    1. Memori

    Memori merupakan bagian dari komputer yang digunakan untuk menyimpan program atau instruksi dan data – data. Beberapa pakar komputer menggunakan istilah storage untuk menamakan memori, meskipun kata storage sering digunakan untuk menamakan disket.

    Memori utama

    Dalam sebuah sistem komputer, memori utama berfungsi sebagai menyimpan program atau yang sedang dijalankan dalam prosesor. Untuk mengimbangi kinerja prosesor yang cenderung sangat cepat, kecepatan memori juga relatif cepat meski tidak secepat prosesor. Dalam sebuah alamat memori dapat melakukan penyimpanan memori sebesar8 – 32 GB tergantung dari jenis – jenis memori.

    Random Acces Memory (RAM)

    Memori jenis ini memiliki karakteristik akses alamat secara acak untuk menyimpan data dan instruksi program. Struktur RAM terbagi menjadi 4 bagian utama, yaitu:

    Input storage

    Program storage

    Working storage

    Output storage

    Beberapa jenis RAM (Random Acces Memory) antara lain:

    EDO – RAM

    SD – RAM

    RD – RAM

    DDR – RAM

    Read Only Memory (ROM)

    Memori jenis ini hanya dapat dibaca saja sehingga program tidak dapat menulis dalam memori ini. Biasanya program berupa system operasi ataupun program bios untuk sebuah system komputer yang spesifik.

    Beberapa jenis ROM (Read Only Memory) antara lain:

    ROM (Read Only Memory) merupakan memori yang benar-benar tidak dapat dihapus lagi.

    PROM (Programmable Read Only Memory) yaitu memori yang dapat diprogram dan selanjutnya tidak bisa dihapus lagi.

    EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah memori yang bisa dihapus dengan sinar ultraviolet dan dapat diprogram dengan berulang kali.

    EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) yaitu memori yang bisa dihapus secara elektronik dan bisa atau dapat diprogram berulang kali.(Yazid)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Struktur Mesin von Neumann
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar