Cara Mengatasi Hp Bootloop Tanpa Komputer

Daftar Isi

    LancangKuning - Bootloop merupakan masalah pada bagian software android yang tidak bisa masuk kedalam sistem. Faktor yang mengakibatkan terjadinya bootloop adalah dengan cara install yang salah, adanya virus malware, dan  custom ROM mengalami kerusakan file pada sistem android hingga memaksa sistem agar terpasang padahal hardware dari smartphone anda tidak mendukung pada sistem tersebut.

    Hp android yang sedang mengalami gagal booting dapat ditunjukkan dengan tiba – tiba ponsel mati atau mati total

    1. Android Light Bootloop
      Solusinya adalah silahkan coba restart handphone android anda lebih dahulu, jika masih belum bisa maka lepas baterainya kemudian pasang dan nyalakan kembali.
    2. Medium Bootloop
      Solusinya adalah sebaiknya sebelum anda melakukan setting apapun yang ada pada recovery mode , alangkah baiknya jika kita melakukan backup terhadap file- file yang ada dalam smartphone agar nantinya bisa dapat di restart kembali jika terjadi masalah.
    3. Android Hard Bootloop
      Ini terjadi karena kita mengedit script dalam android. Solusinya adalah kita harus beranikan untuk melakukan factory reset, apabila anda ragu anda bisa pergi ke service senter untuk memperbaikinya.

    Cara mengatasi hp bootloop tan[pa komputer atau PC

    1. Restart HP
      Cukup melakukan restart hp dengan mematikan hp anda, lepas baterainya, kartu SIM , dan SD card, lalu pasang kembali dan nyalakan kembali hp anda.
       
    2. Wipe Cache Partition
      Merupakan cara yang cukup bisa dalam mengatasi bootloop. Caranya yaitu masuk ke recovery mode hp anda dan pilih wipe cache partition dan pilih yes. Dan hp anda akan kembali ke halaman utama jika berhasil.
       
    3. Factory Reset
      Secara otomatis ini akan mengatur ulang software sistem dan membuatnya seperti pertama kali dipasang. Sistem akan memproses secara otomatis, apabila berhasil maka hp anda akan masuk ke halaman home atau utama.
       
    4. Flashing ROM
      Ini adalah cara yang paling rumit dan termasuk berat untuk mengatasi masalah bootloop, ini digunakan untuk hp yang mengalami masalah yang serius. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan flashing ROM yang sesuai dengan hp anda , dan kamu dapat menggunakan aplikasi smartphone flash  tool dan caranya tercantum  pada aplikasi .

    Penyebab Hp Bootloop

    • Hp sudah di root
       
      apabila hp anda sudah di root maka akan membuat sistem android menjadi error dan lebih rentan terkena virus sehingga hp anda bisa menjadikan bootloop.
    • Kesalahan pada flashing ROM
      Jika salah dalam melakukan fishing ROM , maka hp anda akan menjadi bootloop, maka kita harus berhati – hati dalam melakukan fishing ROM.
      Tujuan dari melakukan fishing ROM ini untuk mengoptimalkan kerja sistem atau OS.
    • Salah Memberikan Izin Akses Pada Aplikasi
      Jika ada aplikasi yang meminta untuk akses yang tidak kamu kenal atau berbahaya maka jangan diberikan, karena itu bisa saja membuat hp menjadi bootloop.
    • Merubah Script Pada Folder Sistem
      Setiap android mempunyai folder sistem yang berisikan file- file dengan berisikan dengan script. Apabila kamu tidak mengerti dengan apa itu script, maka sebaiknya jangan mencoba untuk membukanya apalagi sampai merubahnya karena itu bisa jadi membuat bootloop.
    • Upgrade OS Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Hp
      Kamu harus memperhatikan spesifikasi OS kamu sesuai dengan spesifikasi android kamu, karena jika kamu memaksakannya hp android akan terkena bootloop.

    Tips Agar Tidak Terjadi Bootloop

    • Waspada Dalam Download Aplikasi
      Jika kita mau mendownload pastikan terlebih dahulu apakah aplikasi itu aman atau tidak, kamu bisa melihatnya dengan melihat komentar atau rating yang diberikan dari  setiap orang yang sudah mendownload aplikasi itu , karena kalo kita asal dalam mendownload aplikasi bisa jadi itu membuat bootloop.
    • Sering Membersihkan Cache atau RAM
      Apabila kamu tidak menghapus cache tersebut, maka akan membuat kinerja sistem android menjadi maksimal.
    • Jangan Pernah Merubah atau Menghapus File Sistem
      Jika kamu menghapus file sistem, maka android anda langsung bootloop. Karena file sistem ini memiliki peranan penting dalam kinerja android.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Hp Bootloop Tanpa Komputer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar