Penyebab HP Bootloop

Daftar Isi

    LancangKuning - Bootloop merupakan suatu kondisi dimana perangkat android kita akan berputar putar pada boot screen sehingga tidak bisa masuk ke sistem. Sehingga mengakibatkan perangkat tidak bisa digunakan kembali. Penyebab hp menjadi bootlop membuat kita menjadi jengkel karena hp tidak dapat kita gunakan dan hal yang lebih parah yaitu saat bootloop pada hp kita teratasi mengakibatkan data di hp kita hilang.

    Kondisi yang terjadi pada hp bootloop terdapat berbagai macam kategori ada bootloop ringan, bootloop sedang dan bootloop parah. Hal tersebut memiliki tingkat kesulitan masing-masing untuk menanganinya. Dengan demikian kita harus bisa menghindari penyebab terjadinya hp bootloop yang ada dibawah ini. Berikut adalah penyebab dari bootloop pada android.

    1. Flashing Custom ROM

    Flashing Custom ROM merupakan masalah bootloop yang sering terjadi ketika kita menggantinya menjadi baru. Dikarenakan data lama yang belum terhapus sehingga digunakan oleh sistem yang baru. Kegiatan yang kita lakukan untuk flashing custom ROM bertujuan untuk melakukan modifikasi tertentu dan mengganti isi data yang ada pada ROM. Maksudnya ialah dengan kita melakukan flashing custom room maka diharapkan ROM dapat bekerja lebih cepat dan optimal.

    1. Salah mengatur Permission

    Bagi pengguna android untuk mengatur permission merupakan hal yang perlu di waspadai kenapa? Karena sistem operasional hp android sangat bergantung pada permission sistem yang benar dan apabila kita salah dalam mengatur permission dalam sebuah file sistem, maka hal tersebut dapat menjadi penyebab hp kita menjadi bootloop. Sehingga diharapkan kita agar senantiasa lebih bijak dalam mengecek dan memastikan agar permission dari file sistem sudah benar dan sesuai yang memberikan kemudahan agar tidak terjadinya bootloop yang justru merugikan kita.

    1. Pemasangan MOD

    Penyebab hp menjadi bootloop biasanya bisa terjadi apabila kita melakukan pemasangan pada mod tidak komtitabel dari kondisi ROM yang digunakan pada hp. Selain itu mod yang tidak tersusun dengan baik ternyata juga dapat menjadi penyebab hp menjadi bootloop. Karena itulah kita harus senantiasa berhati-hati apabila memasang mod, dan pastikan spesifikasi hp kita cukup untuk dipasang sebuah mod atau aplikasi baru.

    1. Overclock Android

    Selain pemasangan mod, penyebab lainnya hp menjadi bootloop yang mungkin terjadi kepada pengguna Android. Saat kita ingin performa hp kita menjadi cepat sehingga kita biasanya menaikkan atau melambatkan suatu system operasioanl pada hp terutama yang berbasis Android sehingga mempengaruhi oleh kapasitas dari prosesnya.

    Untuk mempercepat performa bisa saja kita lakukan tetapi jangan terlalu memaksakannya. Maksudnya jika kita ingin melakukan overclock pada Android kita dari GHz menjadi 2 GHz maka kita bisa melakukan setengahnya atau bahkan menjadi seperempatnya saja dan jangan juga terlalu memaksakan hp kita.

    Meski cara ini banyak digunakan tapi disarankan tidak melakukannya sama sekali, karena bisa berdampak pada umur dari hp kita.

    1.  Restore System Backup

    Saat kita melakukan restore file memang erat kaitannya dengan system operasional hp, dan kegiatan ini juga dapat berpotensi untuk menimbulkan hp bootloop. Sehingga hal ini dapat menyebabkan adanya dalvik-cache yang lama dan bisa saja belum terhapus secara sempurna. Dengan demikian dapat menyebabkan penumpukan operasi dari system tersebut terhadap data system yang baru.

    1. Mengubah isi script di dalam folder system

    Bagi pecinta game, pasti tidak akan asing lagi dengan cara ini. Cara ini memang dianggap sepele oleh sebagian orang, karena tidak terlalu memberikan dampak yang besar pada system android. Nyatanya dengan mengubah isi script dengan aplikasi yang ada dimana tujuannya agar bisa segera menikmati game yang kita inginkan dapat menyebabkan bootloop pada hp kita.

    Jadi sebaiknya kita tidak melakukan hal yang tercantum diatas agar hp kita terhindar dari bootloop bisa saja berakibat fatal untuk kita dan hp kita ataupun yang terburuknya yaitu semua data pada hp kita juga ikut hilang.(Riela Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyebab HP Bootloop
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar