Peran Siswa di Sekolah

Daftar Isi

    LancangKuning - Peran merupakan pola Tindakan ataupun perilaku yang bisa diharapkan dari seseorang yang mempunyai status tertentu. Jika di rumah, peran dari seorang anak, sangat jauh berbeda dengan peran seorang ayah maupun peran seorang ibu. Namun, berbeda pula jika sudah berada di sekolah, di sekolah peran antara guru dan siswa juga berbeda.

    Peran dapat menunjukkan suatu bentuk pembagian tugas maupun kewenangan tertentu yang dikaitkan dengan status ataupun kedudukan dari seseorang dalam suatu kelompok di lingkungan nya. Jika di dalam sebuah keluarga seorang ayah berperan sebagai kepala keluarga yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menghidupi dan mensejahterakan anggota keluarganya, tetapi jika di dalam lingkungan pekerjaan seorang ayah hanya menjadi seorang karyawan biasa, maka tugas dan tanggung jawab nya hanya sebatas pada penyelesaian pekerjaan nya saja.

    Sedangkan yang akan bertanggung jawab untuk mengupayakan peningkatan kesejahteraan di tempat pekerjaan adalah pimpinan atau kepala lingkungan pekerjaan yang berada di pekerjaan tersebut. Ada kala seseorang mengalami pertentangan batin yang berkaitan dengan peran nya. Misalnya saja seorang ayah yang sekaligus menjadi guru di sekolah yang sama dengan anak nya sendiri. 

    Jika anak nya sendiri melakukan kesalahan terhadap tata tertib, ia akan dihadapkan pada pilihan yang sulit. Pada satu pihak, peran nya sebagai ayah yang wajib sekali untuk melindungi anak nya sendiri, namun di suatu sisi peran nya sebagai seorang guru harus menegakkan kedisiplinan tanpa pandang bulu. Dalam kondisi inilah menjadi pertentangan batin di lingkungan tersebut.

    Tiap orang dalam kehidupan bermasyarakat sering kali memiliki banyak peran. Bahkan seorang siswa pun di sekolah bisa saja memiliki banyak peran yang lain di samping peran nya sebagai siswa. Bisa saja bisa menjadi ketua OSIS di sekolah nya ataupun menjadi anggota klub sepak bola ataupun ekstrakulikuler yang lain nya.

    Setiap orang harus dapat menjalankan peran nya sesuai dengan posisi nya masing – masing, orang juga harus benar – benar memahami situasi. Peran utama dari seorang siswa adalah belajar. Sedangkan seorang guru sebagai pendidik memiliki peran untuk mendidik, melatih dan mengajar siswa nya. Perbedaan antara peran guru dan siswa membawa konsekuensi nya terhadap tugas dan tanggung jawab dari kedua nya.

    Siswa bertanggung jawab terhadap diri nya sendiri dalam bentuk kemampuan dalam menghasilkan prestasi yang bisa dikatakan maksimal. Sedangkan untuk guru, akan bertanggung jawab terhadap keberhasilan dari siswa dalam menyerap pengetahuan yang disampaikan.

    Di dalam kehidupan masyarakat yang ada diluar sekolah, siswa berperan di lingkungan keluarga sekaligus dengan masyarakat di tempat tinggal nya. Hak dan kewajiban dari siswa sebagai anggota masyarakat sangat berbeda dengan hak serta kewajiban siswa di sekolah. Namun pada dasar nya, ada beberapa peran siswa di sekolah, diantara nya:

    1. Yang paling utama, belajar. Karena dengan belajar bisa menciptakan generasi yang aktif dan cerdas. Siswa juga harus memahami dan mempelajari materi yang sudah diajarkan oleh guru nya, dan juga siswa harus mengerjakan tugas – tugas yang telah diberikan guru. Selain mengerjakan tugas dan memahami pelajaran, siswa juga harus mempelajari Kembali materi yang telah diajarkan kepada nya.
    2. Taat pada peraturan yang telah ditetapkan di sekolah. Dimanapun kita berada, sudah pasti ada peraturan yang harus kita patuhi. Tidak terkecuali dengan di sekolah. Salah satu peran siswa yaitu mematuhi peraturan yang ada untuk menciptakan kondisi sekolah yang aman, tertib, dan nyaman dalam menjalankan aktivitas yang ada di sekolah. Selain itu, aturan itu juga menjadi patokan dan mengontrol perilaku siswa selama berada di lingkungan sekolah. Jika aturan itu dilanggar, maka siswa akan mendapatkan sanksi ataupun hukuman yang diberikan oleh guru.
    3. Siswa juga harus hormat dan patuh pada guru ataupun pekerja yang ada di sekolah. Siswa bisa menghormati guru dengan cara, menuruti semua perintah guru, menghargai guru, dan juga memperhatikan guru saat guru sedang menerangkan pelajaran.
    4. Selain itu, seorang siswa juga harus menjadi pribadi yang disiplin. Jika seorang siswa ingin mendapatkan kesuksesan, maka salah satu cara yang bisa dimulai nya adalah dengan cara disiplin. Maupun disiplin terhadap waktu ataupun disiplin dalam belajar.
    5. Peran siswa yang paling penting adalah menjaga nama baik sekolah. Dengan menjaga nama baik sekolah itu maka siswa dan sekolah nya akan mendapatkan pandangan positif dari masyarakat yang ada di lingkungan sekolah itu. Akan menjadi kebanggaan juga jika seorang siswa bisa mendapatkan prestasi untuk sekolah nya.

    Itu tadi merupakan peran dari siswa saat ada di sekolah nya. Mungkin bisa teman – teman contoh untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik di lingkungan sekolah.(Hana)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peran Siswa di Sekolah
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar