Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Daftar Isi

    LancangKuning.com – Kita semua pasti tahu dengan jenis sayuran satu ini. Kita sering jumpai seledri yang merupak sejenis sayuran yang di gunakan sebagai bumbu saat memasak sekaligus ternyata bisa kita gunakan untuk obat loh.

    Begitu banyaknya manfaat dari daun seledri ini kita juga bisa menggunakannya untuk mencegah dan mengobati beberapa masalah kesehatan. Berikut ini kita akan membahas manfaat daun seledri serta pengolahannya untuk kesehatan kita.

    1. Mengatasi Mata yang Kering

    Apabila matasaja akan menganggu aktivitas kita dalam bekerjaMasalahnya itu kan jugaakibattersebut jika kita membiarkannya sajaTernyata kita loh sertaJika kamu ingin cepat sembuh maka kamu harus meminumnya minimal ya agar mata kamu

    1. Menurunkan Kolesterol

    Dengan merebus sebatang seledri yang terdiri dari beberapa ruas daun dan segelas air hingga mendidih ternyata bisa bermanfaat dalam menurinkan kolesterol juga loh. Setelah kita rebus, biarkan menjadi dingin dan disaring dan minum airnya dapat menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi bisa berakibat penumpukan dan tersumbatnya pembuluh darah sehingga memicu munculnya berbagai macam penyakit yang berbahaya. Jadi kamu bisa juga memanfaatkan ramuan daun seledri ini untuk menurunkan kolesterol kamu.

    1. Mengobati Batuk

    Batuk tentu saja mengganggu aktivitas terlebih lagi jika batuk itu berdahak. Ternyata daun seledri juga bisa kamu manfaatkan loh untuk mengobati batuk, caranya ? kamu harus merebus daun seledri dengan 3 gelas air hingga mendidih. Kemudian air rebusan seledri disaring dan tunggu hingga dingin dan beri mau alami. Kamu dapat meminum ramuan ini minimal 2 kali sehari untuk mengobati batuk.

    1. Mengatasi Anemia

    Anemia adalah penyakit kekurangan darah yang bisa mengakibatkan sakit kepala sepanjang hari, dan tentu saja itu sangat mengganggu aktivitas, Kamu bisa mengolah seledri menjadi ramuan untuk mengatasi Anemia. Caranya memblender daun seledri ditambah dengan nanas, madu serta susu segar hingga menjadi jus. Minumlah jus tersebut dengan rutin untuk mengatasi anemia.

    1. Menurunkan Hipertensi

    Hipertensi atau darah tinggi termasuk ke dalam kategori penyakit sangat berbahaya. Memanfaatkan daun seledri dapat menurunkan hipertensi atau darah tinggi. Caranya dengan menumbuk 100 gram daun seledri hingga halus. Setelah halus tambahkan air matang dan dimasak hingga mendidih. Kamu bisa mengkonsumsi dengan meminum 2 kali sehari untuk menurunkan hipertensi.

    1. Mengobati Bronkitis

    Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan adanya infeksi pada saluran udara utama paru-paru kamu atau bronkus nah ini dapat menyebabkan peradangan pada saluran pernafasan. Mengobati bronkitis juga bisa memanfaatkan daun seledri dengan cara rebus 60 gram daun seledri segar ditambah 10 gram kulit jeruk mandarin dan 25 gram gula aren hingga air tersisa setengh dari rebusan. Dinginkan dan saring. Porsi air saringan dibagi untuk dua kali minum pagi dan sore hari. 

    1. Mengobati Rheumatik

    Rheumatik adalah penyakit yang dipicu karena berlebihan asam urat, asam urat ini akan menumpuk pada sendi serta dapat mengkristal sehingga akan sulit dalam menggerakan tubuh. Apabila rheumatik menyerang akan sangat mengganggu aktivitas. Dengan memotong kecil-kecil 1 genggam daun serta batang seledri dan direbus dengan dua gelas air hingga tersisa 1 gelas dapat menyembuhkan Rheumatik. Air rebusan itu kamu saring dan harus kamu minum sekaligus yah.

    1. Membersihkan Ginjal

    Kamu pasti tahu kalau kalau Ginjal adalah salah satu organ tubuh kita yang sangat rutin bekerja, fungsinya menyaring racun alam tubuh serta zat-zat yang berbahaya dalam tubuh kita loh. Apabila ginjal tidak berfungsi normal akan berefek fatal bagi tubuh kita. Nah, untuk itu dengan meminum 1 gelas ramuan seledri yang sudah direbus dalam waktu 10 menit dapat mengeluarkan kotoran dan racun yang menumpuk pada ginjal melalui air seni

    Itulah beberapa manfaat daun seledri yang dapat diolah untuk mengatasi masalah kesehatan. Semoga bermanfaat.(UT)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar