Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Kamu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Rasa gugup dan tidak percaya diri sering dirasakan oleh siapapun. Kerap kali kita merasa tidak yakin dengan kemampuan kita, padahal kita belum mencobanya namun sudah pesimis duluan.

    Rasa tidak percaya diri dan gugup ini sering muncul disaat-saat moment penting yang akan kita hadapi. Seperti saat ingin bertemu client, mempresentasikah hasil tugas di depan kelas atau sidang skripsi.

    Walaupun sebelumnya kita sudah mantap dengan bahan untuk disampaikan namun rasa gugup ini dapat tiba-tiba muncul dan merubah keadaan yang membuat kamu merasa tidak percaya bahwa sebenarnya kamu mampu untuk mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan.

    Jika kamu merasakan bahwa kurang percaya diri atau pesimis kamu harus coba kamu beberapa hal yang dirangkum dari life.IdnTimes dibawah ini agar rasa percaya diri kamu tumbuh dan kamu selalu optimis.

    1. Tenangkan Dirimu

    Saat ingin presentasi atau jumpa client rasa gugup itu akan selalu dirasakan. Kamu harus bisa menenangkan diri kamu seolah-olah kamu mampu, cobalah menarik tarik dalam-dalam dan menghembuskan perlahan serta berdoa sebelum melakukannya. Bertingkahlah seperti kamu tidak menghadapi apa-apa dan yang sedang kamu hadapi adalah hal yang mudah untuk kamu selesaikan.

    1. Jaga Kondisi Diri Seprima Mungkin

    Jika kondisi diri kamu kurang prima atau kurang sehat itu juga dapat mempengaruhi rasa percaya diri kamu. Jadi sebelum kamu akan melakukan sesuatu kamu harus memastikan bahwa tubuh kamu dalam keadaan prima dan sehat dengan menjaga pola makan dan berolahraga teratur.

    1. Buat Dirimu Melakukan Hal Yang Benar-Benar Disukai

    Kunci dalam membangun rasa percaya diri adalah pengalaman yang kamu miliki. Pengalaman yang berhubungan degan apa yang benar-benar kamu sukai akan berpengaruh positif. Untuk itu kamu harus memperbanyak pengalaman mengenai hal yang benar-benar ingin kamu sukai agar kamu bisa berkembang sesuai impianmu. Lagi pula dengan menjalani hal yang kamu sukai, itu akan mengurangi rasa gugupmu.

    1. Mempersiapkan Segala Hal Dengan Matang

    Emosi dan rasa percaya diri kamu akan terjaga jika kamu mempersiapkan segala hal kebutuhan seperti materi serta penampilan untuk kamu presentasi atau bertemu client. Sehingga kamu hanya perlu fokus dalam membangun pembawaan dirimu. Kalau kamu orang yang perfeksionis, anggap saja kamu sudah mempersiapkan materi versi terbaik yang bisa kamu lakukan.

    1. Yakinkan Diri Bahwa Kamu Bisa

    Kamu harus meyakinkan diri kamu bahwa melakukan itu adalah hal yang mudah dan kamu bisa melakukannya. Karena semesta akan bertindak sesuai dengan apa yang kamu pikirkan. Biarkan pikiran kamu berimajinasi tentang bagaimana penampilan dan hasil yang kamu inginkan.

    1. Menjauh Dari Orang-Orang Yang Mematahkan Semangat Kamu

    Orang-orang sekitar bahkan orang terdekat juga bisa menjadi faktor rasa percaya diri kamu hilang, untuk itu menjauhlah dari orang-orang yang sekiranya hanya berkomentar dan menjatuhkan kamu.

    1. Jangan Terlalu Menekan Diri Sendiri

    Bekerja keras itu harus, namun kamu tidak perlu memaksakan diri kamu sendiri. Jika kamu merasakan ada yang salah dan semestinya tidak kamu lakukan itu hal biasa, jangan menekan diri kamu dengan menyalahkan dan meratapinya. Jadikan kesalahan yang kamu lakukan sebuah pelajaran dan kamu bisa terus memperbaiki diri kamu untuk lebih baik lagi.

    Itulah beberapa tips yang semoga bermanfaat dan dapat menumbuhkan rasa percaya diri kamu.(UT)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Kamu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar