Keuntungan dan Sukses Berorganisasi !!!

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tidak sedikit diantara ribuan mahasiswa dari berbagai kampus yang memiliki ungkapan “Buat apa sih selalu menyibukkan diri dengan hal-hal yang tidak penting di kampus salah satunya dengan berorganisasi. Saya dikuliahkan oleh orang tua untuk belajar menuntut ilmu dan mendapatkan hasil yang memuaskan, bukan untuk mengikuti organisasi”.  

    Cara berfikir seperti ini tidak 100% salah, karena memang tanggung jawab kita sebagai seorang mahasiswa adalah mencari ilmu dengan sungguh-sungguh, apatah lagi yang datang dari jauh dan bisa kembali ke kampung halaman dengan membawa gelar dan nilai yang bagus dengan tujuan untuk membanggakan orang tua.

    Tetapi, amat disayangkan menjadi seorang mahasiswa yang hidup di dunia perkuliahan jika keseharian-nya di kampus hanyalah 4D yaitu datang, duduk, diam, dengarkan. Atau bisa jadi 3K, yaitu kampus, kantin, kostan.

    Padahal ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan potensi terbaik kita diberbagai bidang atau skill yang kita punya dengan mengikuti organisasi. Tetapi ingat, ikuti organisasi yang tidak merusakmu dan membahayakan kuliahmu.

    Nah, mengenai organisasi “Apa saja sih keuntungan mengikuti organisasi?”

    Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dalam berorganisasi, dan ini penting untuk diketahui bagi kamu yang masih ragu berorganisasi atau bagi kamu yang sudah berorganisasi tetapi belum merasakan keuntungannya. Oke, untuk lebih jelasnya pahami beberapa hal dibawah ini:

    1. Mendapatkan peluang baik dengan komunitas baru.

    Di dalam organisasi biasanya yang kita ketahui pasti terdapat orang-orang yang berbeda jurusan, asal daerah, suku, sifat, karakter dan lain sebagainya. Nah, dengan adanya perbedaan ini bisa membuat kita lebih bijaksana melihat akan perbedaan, membantu mengasah kecerdasan interpersonal, dan mampu memahami serta mencari solusi jika terdapat perbedaan dalam segala hal. Mengenai peluang baik, di organisasi akan memberikan kita peluang yang luas untuk mendapat ilmu yang kita inginkan, wawasan serta tak kalah baiknya yakni peluang rezeki.

    1. Bisa menjadi pemimpin yang bijaksana atau pengikut yang setia.

    Di dalam organisasi masing-masing dari kita harus siap untuk memimpin dan dipimpin. Awal masuk organisasi mungkin diantara kita baru memulai beradaptasi dengan kultur organisasi tersebut. Tapi perlu diingatkan bahwa organisasi merupakan cara untuk mengasah kemampuan kita agar bisa bersosialisasi di masyarakat kelak. Jika menjadi pemimpin di sebuah organisasi, sebaiknya harus bisa menjadikan organisasi tersebut bermanfaat untuk semua pihak, tidak merasa sombong dengan jabatan hingga terlalu berwenang dengan bawahan. Tetapi jika kita menjadi pengikut, setidaknya kita harus belajar menghargai keputusan dari pemimpin dan berusaha untuk melakukan apa yang telah ditugaskan, tujuannya supaya organisasi yang diikuti dapat mampu berjalan dengan baik tanpa mementingkan egois sendiri. Dengan demikian, kita bisa belajar untuk menjadi pemimpin yang bijaksana serta menjadi pemimpin yang setia bukan ?

    1. Jauh dari perbuatan tercela dan waktu luang yang berguna.

    Bagi mahasiswa yang berasal dari jauh dan tanpa kontrol orang tua biasanya lebih leluasa kemana akan pergi, perbuatan-perbuatan tercela dan teman yang merusak akan lebih mudah menghampiri. Dengan berorganisasi kamu akan bisa mengfilter hal-hal yang tidak bermanfaat dengan melakukan berbagai kegiatan di dalam organisasi, dan waktu luang mu bisa digunakan untuk mencari wawasan dan bertukar pendapat dengan teman-teman di organisasi. Daripada waktu luangmu digunakan untuk nongkrong ria, berpacaran, atau hal-hal yang tidak bermanfaat lainnya.

    Oke, itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

    So, tertarik untuk berorganisasi ??

    Ayo ikuti organisasi kampus yang bisa meningkatkan skillmu.(NurSakinah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keuntungan dan Sukses Berorganisasi !!!
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar