Peringati Hari Konsumen Nasional, Kota Pariaman Gelar Jalan Santai

Daftar Isi

    Lancangkuning, Kota Pariaman---Memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2018, Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman gelar acara Jalan Santai berhadiah yang dipusatkan dengan lokasi Start dan Finish di Pantai Kata Kota Pariaman dengan mengangkat tema "Konsumen Cerdas di Era Digital Sadar Akan Jaminan Sosial" yang diawali dengan senam sehat pagi, Minggu (6/5/2018).

    Acara di ikuti dan dilepas langsung Walikota Pariaman Mukhlis Rahman didampingi Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah, Sekdako Pariaman Indra Sakti, Kepala OPD Pemko Pariaman, Pimpinan BUMN se-Kota Pariaman dengan peserta dari ASN Pemko Pariaman dan warga masyarakat Kota Pariaman.

    Wako Mukhlis Rahman, usai melakukan Jalan Santai  dalam sambutannya menuturkan cara menjadi konsumen yang cerdas di era digital ini yaitu harus teliti sebelum membeli seperti pastikan produk bertanda jaminan mutu SNI.

    "Beli sesuai kebutuhan bukan keinginan, perhatikan lebel dan masa kadaluwarsa dan pastikan berbelanja ditempat timbangan akur, alat ukur akur, alat takar ukur," sambungnya.

    Dan yang paling penting, singkat Mukhlis jangan menjadi konsumen yang konsumtif tapi menjadi konsumen yang cerdas dengan berbelanja sesuai kebutuhan.

    Wako berharap Melalui event nasional ini diharapkan, masyarakat bisa menjadi Konsumen Cerdas di Era Ekonomi Digital, dan bisa mengedukasi masyarakat untuk bisa lebih cerdas dan mandiri dalam mendapatkan haknya sebagai konsumen.

    Kadis. Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit mengatakan latar belakang diperingatinya Hari Konsumen Nasional sendiri yakni lantaran perlindungan konsumen di Indonesia masih menjadi permasalahan yang belum dapat diselesaikan secara efektif dan efisien. Terbukti dari banyaknya kasus sengketa konsumen yang hingga kini belum juga tuntas. Belum lagi berbagai permasalahan yang tidak terlaporkan akibat konsumen tidak mengetahui hak dan kewajibannya.

    Untuk itu, singkat Gusniyeti, tujuan dari acara ini yakni sebagai upaya penguatan kesadaran secara masif akan arti pentingnya hak dan kewajiban konsumen serta sebagai pendorong meningkatnya daya saing produk yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri, menempatkan konsumen pada subyek penentu kegiatan ekonomi sehingga pelaku usaha terdorong untuk dapat memproduksi dan memperdagangkan barang/jasa yang berkualitas serta berdaya saing di era globalisasi.

    " Dan Menempatkan konsumen untuk menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subyek penentu kegiatan Ekonomi Indonesia dalam mendorong pembentukan-pembentukan jejaring komunitas perlindungan konsumen," singkatnya.

    Acara ditutup dengan pengundian kupon berhadiah yang dimenangkan oleh Jeki mendapatkan satu unit mesin cuci dan dua unit sepeda yang diraih oleh seorang pelajar dan seorang anggota Kodim 0308 Pariaman.[rel/dos]

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peringati Hari Konsumen Nasional, Kota Pariaman Gelar Jalan Santai
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar