Modus Ngaku Polisi, Satu Pria Diamankan

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi Penipuan Ilustrasi (Foto: Ilustrasi by Mindra Purnomo)

    Lancang Kuning - Seorang pria berinisal JB (38) di Samarinda diamankan polisi. JB kerap memperdaya sejumlah warga Kota Samarinda dan Tenggarong dengan modus berpura-pura sebagai anggota kepolisian.

    Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Irwan Masulin Ginting mengatakan JB mengaku sebagai anggota kepolisian unit narkoba yang sedang menyelidiki kasus peredaran narkoba. Pelaku kemudian menghentikan sejumlah kendaraan yang melintas dan melakukan pemeriksaan terhadap korban yang ditemuinya.

    Baca juga: Buru Pimpinan Ali Kalora, Kapolri: Kalau Melawan, Tembak Mati!
     
    Irwan menyebut pelaku selalu beralibi membawa korban ke Mako Polres Kutai Kartanegara. Pelaku kemudian meninggalkan korban di suatu tempat dan membawa kabur uang dan barang korban.


    "Itu hanya modus untuk meyakinkan aksinya, ia berniat membawa para pelaku ke mako Polres Kukar, namun kita masih dalami bagaimana pelaku meninggal korban di satu tempat sementara pelaku membawa kabur uang tunai dan handphone milik korban," kata Irwan, kepada detikcom, di lokasi penangkapan di Jalan Kusumah Bangsa, Samarinda, Senin (30/11/2020) malam.

    Dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti tas milik korban, identitas diri para korban, uang tunai sekitar Rp 8 juta, dan seperangkat alat hisap dan bong di dalam mobil pelaku.

    Baca juga: Korban Tewas Bentrokan Meningkat, Ribuan Orang di Irak Turun ke Jalan

    Irwan mengatakan pelaku merupakan residivis dengan kasus yang sama. Pelaku pun mengaku sudah dua kali melakukan aksinya di Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda.

    "Ini kan sudah meresahkan masyarakat khususnya Kukar karena pelaku mengaku sebagai anggota kepolisian, dan pelaku memilih korban yang terindikasi pengguna narkoba kemudian dibawa untuk ditakut takuti," kata Irwan.

    "Pelaku terus mencari kesempatan untuk menipu atau mengambil barang milik korban, pelaku residivis dan pernah dua kali masuk kasus yang sama," lanjutnya.

    Pelaku saat ini dibawa ke Mako Polres Kutai Kartanegara untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Modus Ngaku Polisi, Satu Pria Diamankan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar