Target Alfedri-Husni untuk Kebutuhan Pangan di Siak Dua Tahun Kedepan

Daftar Isi

    Keterangan foto: Paslon no 2 Alfedri-Husni Merza saat meninjau sawah di Sungai Tengah. (Istimewa)

    SIAK,Lancangkuning.com - H Alfedri menargetkan dua tahun kedepan ketersediaan kebutuhan pangan di Kabupaten Siak dari  69 persen akan meningkat menjadi 90 persen yakni melalui pola intensifikasi dengan menyiapkan pengairan yang memadai, sehingga menjadi IP 200 bahkan IP 300.

    Hal itu disampaikan calon bupati Siak nomor urut 2  saat meninjau persawahan di Sungai Tengah Kecamatan Sabak Auh, Minggu (8/11/2020).

    "Contohnya di Sabak Auh, kecamatan ini merupakan salah satu sentra produksi pertanian di Kabupaten Siak, selain Bungaraya," kata Alfedri  didampingi wakilnya H Husni Merza turun kesawah.

    Di Sabak Auh kata Alfedri, saat ini terbentang 800 hektare sawah. Di Bungaraya terdapat 2300 hektare, kemudian ada di Sungai Mandau, Kandis dan Koto Gasib.

    "Sebagai sentra produksi pertanian. Tentu kita memprioritaskan program-program pertanian dengan menerapkan sapta usaha tani, supaya kita bisa menciptakan swasembada pangan. Secara nasional kita ingin negara kita berdaulat dari sisi pangan," ungkap calon petahana Alfedri

    Untuk mencapai itu lanjut Alfedri, harus berusaha melakukan ekstensifikasi atau menambah area persawahan. Seperti di Kampung Pencing Bekulo Kandis dengan potensi lahan 300 hektare, ada juga di Kampung Olak Sungai Mandau dan beberapa kampung lainnya yang akan kembangkan cetak sawah baru.

    Selain itu, Alfedri nanti lebih mendorong intensifikasi pertanian dengan mendorong bagaimana produktivitas pertanian di Bungaraya bisa 5-6 ton.

     "Sabak Auh baru sekitar 4 ton, ini akan kita dorong ke depan bagaimana produktivitas bisa meningkat," jelasnya.

    Saat ini kebutuhan petani adalah pengairan, kedepan Alfedri berjanji meningkatkan  sistem pengairannya dengan cara mengangkat air dari Sungai Siak dengan pompanisasi dan pipanisasi.

    "Lahan-lahan sawah ini menjanjikan di masa mendatang untuk kita bisa menciptakan swasembada pangan di Kabupaten Siak," jelasnya.

    Alfedri mengatakan dari sekarang ada yang IP 100 akan dimantapkan menjadi IP 200 dengan sistem pengairan yang lebih baik.

    "Kemudian akan kita angkat air sungai Siak, akan kita dorong IP 200 menjadi IP 300," paparnya.

    Kemudian sapta tani baik kata Alfedri, tentu produktivitas bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Siak di masa mendatang. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Target Alfedri-Husni untuk Kebutuhan Pangan di Siak Dua Tahun Kedepan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar