Kunjungan Raja Turikale Maros Sulsel ke Indragiri Hulu

Daftar Isi

     

    Foto: Raja Kerajaan Turikale Maros, YM Brigjen Pol DR. Andi Mapparessa, MM. MSI didampingi istri berfoto di gedung Istana peninggalan raja Indragiri

    Lancang Kuning, INHU -- Saat itu, bertepatan pada hari Jumat 2 Oktober 2020. Raja Kerajaan Turikale Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) YM Brigjen Pol DR. Andi Mapparessa, MM. MSI bersama keluarga berkunjung ke Indragiri Hulu, Riau untuk memenuhi undangan YM Tengku Parameswara, SH selaku Tengku Mahkota/ Pemangku Sultan Indragiri. 

    Dalam rangka itu hingga tiba di Pekanbaru, YM Brigjen Pol DR. Andi Mapparessa, MM. MSI menyempatkan waktu singgah di Kantor Polda Riau untuk ' bersilahturahmi ' sebelum menuju ke Rengat. Di sana, beliau disambut langsung Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi SH SIK MSI. 

    Baca Juga: Pemerintah Pulangkan 157 ABK dari Kapal Ikan Asal China

    Bercengkrama hangat sembari gelak tawa terbangun dalam percakapan itu hingga waktu pun tak terasa sangat cepat terlewati. Selanjutnya, beliau izin pamit karena harus melanjutkan perjalanan ke Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu. 

    " Tak duduktak. Duk". Bunyi hentakan kaki rombongan naik ke mobil, mereka bergerak menuju Rengat. Setiba di sana, beliau disambut AKBP Efrizal, Kapolres Indragiri Hulu atas kedatangannya di Kantor. 

    Baca Juga: Amien Rais Ingin Gabung Partai Ummat dengan Masyumi Reborn

    Setelah menempuh perjalanan cukup melelahkan dari Pekanbaru ke Kota Rengat lebih kurang 5 jam. Beliau berinisiatif bermalam di Hotel Danau Raja untuk istirahat. Namun, ia bertemu dengan sahabat seperjuangan masa itu di kepolisian yaitu Irjen Pol Drs H Wahyu Adi.SH.MH.

    Tak hanya itu saja, para petinggi pemangku dari Lembaga Adat Kerajaan Indragiri diantaranya Datuk Tumenggung Encik Syafrizal, Raja Irwan Toni dan beberapa Batin suku talang mamak, serta Ketua beserta anggota Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) wilayah Indragiri hulu juga hadir pada saat itu. 

    Baca Juga: Ini Janji Biden untuk Muslim di Amerika Serikat

    " Kunjungan ini dalam rangka untuk mempererat Silaturahmi antara kerajaan Turikale Maros Sulsel dengan Kerajaan Indragiri sebagai sesama keluarga besar Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN), ujar YM Tengku Parameswara pada Minggu (8/11) kepada Lancang Kuning. 

    Menurut Tengku Parameswara, ke esok harinya Sabtu 3 Oktober 2020. Raja Turikale menyambangi Istana Indragiri dan rumah peninggalan Sultan Mahmud Indragiri Sultan ke 25 dan makam Kota Lama. 

    Baca Juga: Stanley: Dewan Pers Hanya Tangani Laporan Bagi Media Yang Terdaftar, Ini Tanggapan Sekjen JMSI

    Selama kunjungan ke situs Kesultanan,  beliau dapat pendampingan oleh Datuk Tumenggung, Ketua Lembaga Adat Melayu Inhu (LAM Inhu) Datuk Marwan MR, Raja Irwan Toni, Batin dan organisasi AMAN. (Dan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kunjungan Raja Turikale Maros Sulsel ke Indragiri Hulu
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar