Mengenal Danau Raja Lebih Dekat

Daftar Isi

    Sekilas keberadaan Danau Raja, Danau ini terdapat di kota Rengat yaitu sebuah kecamatan dan juga merupakan ibu kota Kabupaten Indragiri Hulu.  Kota yang terkenal juga sebagai Kota Kedongdong. Kota ini dilalui sungai Indragiri.  Adapun penduduk asli daerah rengat adalah suku melayu,beberapa suku lain sebagai suku pendatang di Rengat di antaranya suku Jawa, Minang, Batak,  Tionghoa dan Sunda. Sedangkan sebagai suku pedalamannya disebut dengan Suku Talang Mamak yang dahulunya masih bermukim di hutan, sampai saat ini, suku talang mamak masih ada, meskipun telah ada pembauran dengan masyarakat sekitar hutan tempatannya.

    Baca Juga4 Danau Indah Di Riau Yang Cocok Untuk Wisata Akhir Pekan

    Komplek Danau Raja merupakan salah satu danau yang menjadi objek wisata yang ada di Rengat. Konon kabar nya Danau Raja ini dulunya  merupakan tempat pemandian keluarga  Istana Indragiri. Tidak jauh dari danau pemandian keluarga kerajaan Indragiri ini terdapat sebuah  bangunan Istana kerajaan, yang saat ini telah berada ditengah sungai Indragiri, dimana jika musim kemarau dan air sungai surut maka kita  bisa melihat dengan jelas bekas bangunan bagian belakang Istana Indragiri. Hal ini merupakan warisan budaya dan sejarah kerajaan yang ada  di rengat khususnya.

    Danau raja lumayan luas dimana airnya cukup bersih. Potensi ikannya beragam, ditambah adanya makam Raja Narasinga II yang bersebelahan dengan danau ini.  Di pinggiran danau terdapat taman yang dihiasi dengan pohon-pohon rimbun. Suasana ini menambah asiknya bertamasya di danau raja.  Selain keindahan danau raja dan lingkungan di komplek danau raja. Di komplek danau raja tersedia hotel persis di depan Danau Raja, dimana hal ini akan mempermudah wisatawan untuk menginap di komplek ini jika memungkinkan. Di komplek ini,  kita juga akan mendapati sebuah gedung olahraga.

    Danau Raja sebagai objek wisata, juga dimanfaatkan sebagai pusat kesenian Melayu Indragiri dan pusat hiburan rakyat dengan kegiatan tahunan  seperti pemilihan Raja dan Ratu Indragiri. Danau Raja juga merupakan tempat kegiatan olahraga tradisional seperti pacu sampan.  Keindahan di Danau Raja tidak dapat dipungkiri. Di dalam komplek Danau Raja terdapat beberapa wahana permainan bagi anak - anak dan remaja  yang menikmati keindahan danau Raja, diantaranya Kereta Dayung dimana para pengunjung dapat berkeliling di Danau Raja. (hyAzn)

    Sumber: Di ambil dari beberapa sumber.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengenal Danau Raja Lebih Dekat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar