Ramai Tagar Save Komodo, Ini 4 Pesona Pulau Komodo

Daftar Isi

    Foto: Berwisata ke Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo, NTT. (ANTARA FOTO)

    Lancang Kuning  – Tagar save komodo membahana di dunia maya lantaran trending di Twitter sejak malam hari hingga pagi ini. Bukan tanpa alasan, sebabnya banyak yang tak setuju adanya pembangunan di pulau yang menjadi rumah bagi para hewan liar nan eksotis itu.

    Warganet ramai memprotes salah satu foto yang menunjukkan akan dibentuknya pembangunan di dataran luas yang ada di Taman Nasional Komodo itu. Di foto tersebut, terlihat sebuah truk sedang berhadapan dengan seekor komodo. Warganet menganggap, tempat tersebut akan membuat komodo kehilangan 'rumah' dan eksotisme pulau itu akan pudar.

    Di balik rasa tak rela dari para warganet akan dugaan pembangunan di Pulau Komodo, memang begitu banyak pesona yang begitu khas dan menarik. Dikutip dari laman Kementerian Pariwisata, Taman Nasional Komodo patut dimasukan ke dalam bucket-list liburan kamu. 

    Ya, Taman Nasional yang terletak di antara Pulau Sumbawa dan Flores ini adalah destinasi yang wajib kamu datangi minimal sekali seumur hidup! Kenapa? Sebab, Taman Nasional yang luasnya sekitar 2.000 km2 ini punya jutaan pesona yang mampu bikin wisatawan jatuh hati dan ingin kembali lagi. Apa sajakah itu?

    Lihat langsung ribuan komodo

    Taman Nasional Komodo merupakan ‘rumah’ bagi sekitar 2.500 komodo. Hewan purba dengan panjang 3 meter dan berat sekitar 70 kg bahkan lebih ini bisa dilihat secara langsung! Namun, tetap ada batas jarak 300 meter, sebab komodo merupakan hewan buas. Selain itu, air liurnya pun mengandung racun. Jadi, perlu tetap waspada ya!

    Fauna asli Indonesia

    Lantaran dataran yang luas dan alam yang masih natural, habitat komodo berkumpul dan betah menetap di sana. Fauna lain pun ikutan betah dengan suasana di pulau tersebut. Sebut saja beberapa jenis mamalia yang hidup di darat, seperti kuda, kerbau, dan rusa timor, kemudian spesies reptil, seperti 12 spesies ular dan 9 spesies kadal. 

    Selain fauna yang hidup di darat, keanekaragaman hayati yang ada di kawasan ini juga meliputi fauna yang hidup di perairan. Taman Nasional Komodo menyimpan sekitar 1.000 spesies ikan, 10 jenis lumba-lumba, 7 spesies ikan paus, dan juga penyu hijau. Tak ketinggalan, 40 burung juga menjadi penghuni Taman Nasional Komodo. 

    Terumbu karang nan eksotis

    Tidak lengkap rasanya kalau ke Taman Nasional Komodo tanpa menyelami pesona bawah lautnya yang memesona. Taman Nasional Komodo terletak tepat di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik, yang menjadikannya sebagai salah satu surga bawah laut terkaya di dunia.

    Di kawasan ini, setidaknya terdapat 100 situs menyelam kelas dunia yang selalu menjadi incaran para penyelam, ilmuwan, maupun fotografer profesional dari seluruh penjuru dunia.

    Dengan hamparan warna-warni terumbu karang, ragam spesies ikan yang menghuni kawasan ini, termasuk daya tarik utamanya yakni berinteraksi secara langsung dengan ikan pari manta, ikan hiu, dan dugong, pastinya diving di Taman Nasional Komodo akan jadi pengalaman liburan yang tak akan terlupakan!

    Iklim yang khas

    Iklim di sekitar Taman Nasional Komodo cenderung kering, hal ini membuat tanah perbukitan menjadi lebih kering dan berbatu. Tak heran jika kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai area trecking, karena perbukitannya yang cukup terjal dan menantang.

    Meskipun begitu, eksotisme daratan di Taman Nasional Komodo berpadu secara sempurna dengan keindahan lautnya begitu memesona. Pemandangan inilah yang menjadi keistimewaan Taman Nasional Komodo. Wah, pantas saja warganet enggak rela jika keindahan alam ini dibabat, ya!. (LK)

    Sumber: Viva.co.id

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ramai Tagar Save Komodo, Ini 4 Pesona Pulau Komodo
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar