Jumlah Pasta Gigi yang Dibutuhkan Menurut Dokter

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Demi menjaga kesehatan gigi dan mulut, setiap orang disarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Namun, berapa banyak jumlah pasta gigi yang dibutuhkan untuk satu kali menyikat gigi?

    Sejak lama, berbagai iklan komersial pasta gigi menyebarkan sejumlah anggapan di tengah masyarakat luas. Gambaran pasta gigi yang memenuhi permukaan bulu sikat gigi dari ujung ke ujung seolah menjadi ukuran atau jumlah pasta gigi yang disarankan.

    Padahal, jumlah itu sesungguhnya salah kaprah. Anda tak semestinya menggunakan pasta gigi sebanyak yang biasa ditampilkan dalam sejumlah iklan komersial.

    "Iklan berbohong pada Anda. Anda tidak perlu menggunakan pasta gigi sebanyak itu," ujar dokter gigi asal Malaysia, Gao Hye Teh, melalui sebuah video viral di platform TikTok, melansir Health.

    Menurut Gao, seseorang cukup menggunakan pasta gigi tak lebih dari seukuran kacang polong. Lebih dari itu, pasta gigi bisa berdampak buruk, apalagi pada anak-anak dengan struktur gigi yang belum sempurna.

    Penyebabnya adalah kandungan fluoride yang ada di dalam pasta gigi. Fluoride merupakan salah satu kandungan aktif yang penting dalam pasta gigi. Kandungan ini bekerja untuk melindungi lapisan enamel gigi agar tetap kuat dan tidak mudah berlubang.

    Namun, fluoride akan jadi berbahaya jika terlalu sering tertelan. Saat tertelan dalam jumlah banyak, fluoride dapat menyebabkan fluorosis gigi.

    Fluorosis sendiri merupakan kelainan pada lapisan enamel gigi yang disebabkan oleh asupan fluoride berlebih. Kondisi ini umumnya muncul ditandai dengan bercak atau garis putih pada permukaan gigi pada tahap awal.

    Pada tahap yang lebih parah, fluorosis bisa ditandai dengan perubahan warna gigi lewat munculnya noda kuning, cokelat, hingga hitam pada gigi. "Hasilnya [fluorosis] bisa mengubah warna gigi, dari munculnya noda kuning dan cokelat hingga memicu timbulnya lubang," jelas Gao.

    Dokter gigi, Geoffrey Morris, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, jumlah pasta gigi yang disarankan untuk orang dewasa adalah seukuran kacang polong.

    Sedangkan untuk anak di bawah usia tiga tahun, di mana gigi belum tumbuh sempurna, hanya diperlukan olesan pasta gigi seukuran butiran beras. "Hal itu untuk memastikan mereka tidak menelan banyak pasta gigi yang mengandung fluoride," kata Morris.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jumlah Pasta Gigi yang Dibutuhkan Menurut Dokter
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar