Bupati Inhu Hadiri Adat Cuci Kampung Basuh Nagori

Daftar Isi

    Foto: Istimewa 

    Lancang Kuning, INHU -- Yopi Arianto, selaku Bupati Indragiri Hulu, Riau menyambangi Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku pada Kamis (15/10). Itu dilakukannya untuk menghadiri acara tradisi adat masyarakat warga setempat yaitu ' Cuci Kampung Basuh Nagori '. 

    " Saya mengapresiasikan kepada masyarakat Desa Alim yang mana dalam kegiatan adat istiadat yang digelar setiap tahun," ujarnya.

    Selanjutnya, Hendri Alpian selaku Batin di Desa Alim mengucapkan Alhamdulillah tahun ini acaranya lebih besar dengan dihadiri Bupati Indragiri Hulu. 

    Batin menjelaskan, Tradisi ini sebagai wujud pembersihan diri dimana sebagai manusia dalam perjalanan hidup tentunya kita pernah berbuat salah dan dosa.

    "Ibarat pepatah tak ada gading yang tak retak. Sama halnya kita manusia dimana dalam perjalanan hidup pasti pernah melakukan kesalahan dan berdosa. Dan, perbuatan itu juga ada hukumannya," ucap Hendri Alpian.

    Dalam kesempatan itu, Batin Hendri juga menyampaikan agar tradisi cuci kampung basuh nagori ini kedepannya dapat dimasukan dalam agenda pemerintah sebagai upaya menjaga dan merawat adat istiadat melayu.

    Senada dengan itu, Ketua LAMR Inhu Datuk Seri Marwan yang turut hadir mendampingi bupati juga menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan ini.

    Baginya, terlaksana kegiatan ini menjadi wujud semangat para pemangku adat yang turut didukung oleh unsur pemerintah desa dan kecamatan.

    "Kami dari LAMR Inhu akan mendukung upaya-upaya untuk memelihara tradisi termasuk cuci kampung basuh nagori maupun sejarah-sejarah adat Desa Alim" terangnya. (Advetorial Kominfo Inhu/Dan).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bupati Inhu Hadiri Adat Cuci Kampung Basuh Nagori
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar