Kedekatan Jokowi dan Pangeran MBZ di Balik Vaksin Corona G42

Daftar Isi

    LancangKuning -Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkap asal muasal pengadaan vaksin virus corona atau covid-19 G42 dari Abu Dhabi untuk Indonesia.

    Menurutnya kerja sama pengadaan itu terjadi akibat kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ).

    Baca Juga : Polri Sebut Ada Skenario Kerusuhan 1998 di Demo Omnibus Law Medan


    "Kami juga kerja sama vaksin dengan G42 dari Abu Dhabi. Itu Prince Mohammed bin Zayed secara khusus bicara dengan Presiden Jokowi," ujar Luhut saat menjadi salah satu narasumber di acara Prime Talk Metro TV pada Kamis (15/10) malam.

    Jokowi bahkan ingin MBZ menjadi salah satu dewan pengarah pembangunan ibu kota negara nanti. Selain MBZ, Jokowi juga pernah mengutarakan keinginan dewan pengarah ibu kota negara diisi oleh CEO Softbank Masayoshi Son dan mantan perdana menteri Inggris Tony Blair.Jokowi dan MBZ memang punya hubungan baik. Salah satunya, karena rencana kerja sama terkait pembangunan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

    Baca Juga : Uji Fase III Vaksin COVID-19 Inggris Dilakukan di Indonesia


    Sebelumnya, kepala negara juga pernah terbang ke Abu Dhabi untuk membicarakan proyek investasi dengan MBZ. Ia ingin dana abadi Abu Dhabi turut mengalir ke proyek pembangunan di dalam negeri.

    Selain karena kedekatan, Luhut bilang pemerintah memiliki vaksin G42 karena kebetulan mereka bermitra pula dengan Sinopharm dari China, yang juga bekerja sama dengan Indonesia terkait pengadaan vaksin.

    "Nah G42 ini kerja sama dengan Sinopharm dan dia suplai vaksin kita dengan Abu Dhabi dan itu angkanya cukup besar," katanya.

    Baca Juga : Rusia Habisi Nyawa 400 Tentara Bayaran Turki, Putin Todong Erdogan


    Lebih lanjut Luhut meyakini semua rencana pengadaan vaksin akan berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Ia menargetkan vaksin mulai masuk ke Indonesia bulan depan.

    "Saya kira dalam bulan depan awal itu Abu Dhabi sudah kirim juga vaksin ke kita," pungkasnya.

    (uli/agt)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kedekatan Jokowi dan Pangeran MBZ di Balik Vaksin Corona G42
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar