Secara Simbolis, Pj. Bupati Serahkan Kartu Tani

Daftar Isi


    Foto: Penjabat Bupati Bengkalis Syahrial Abdi kala menyerahkan Kartu Tani, didampingi Kadis Pertanian Tarmizi, Manager KCP Bank Mandiri Harun Tiasa, dan Camat Bantan Sufandi.

     
    Lancang Kuning, BENGKALIS – Penjabat Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi secara simbolis menyerahkan Kartu Tani bagi masyarakat Kecamatan Bantan kepada 4 orang penerima, Jum’at, 9 Oktober 2020 di Balai Penyuluhan Pertanian Jalan Soekarno Hatta Desa Selat Baru Kecamatan Bantan.

    Penyerahan kartu tani secara simbolis diberikan kepada Bejan, Tumadi, Yakub dan Musleh.

    Kartu tani yang diberikan sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam bentuk modernisasi dan digitalisasi pelayanan.

    Sedangkan manfaat kartu tani ini bagi Pemerintah dapat menyusun kebijakan berdasarkan data dan informasi yang akurat, bagi petani berupa kemudahan mendapatkan subsidi dan bantuan dari Pemerintah, sedangkan bagi pihak ketiga yaitu berupa distribusi pupuk lebih akurat, baik jumlah, waktu, tempat, mutu, jenis, dan sasarannya.

    "Saya mengajak para petani untuk dapat membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan memecahkan permasalahan dalam hal budidaya, pengolahan, permodalan dan pemasaran hasil sehingga para petani dan keluarganya hidup sejahtera,"kata Penjabat Bupati Bengkalis Syahrial Abdi.

    Syahrial mengatakan melalui penerbitan kartu tani diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bagi para petani, yang menjadi sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang dimiliki oleh petani.

    "Penggunaan Kartu Tani dilakukan untuk meminimalkan penyelewengan penggunaan pupuk. Selain itu, lewat kartu, penyerapan dan distribusi pupuk bisa lebih terpantau," tutur Syahrial.

    Selanjutnya Syahrial menambahkan Kartu Tani memiliki saldo juga bisa digunakan sebagai kartu debit atau tabungan bagi petani, Kartu Tani juga dapat digunakan sebagai alat transaksi berupa kartu debit yang dapat digunakan oleh para petani untuk membeli pupuk bersubsidi.

    Dengan data lengkap di dalamnya, maka petani pemegang Kartu Tani akan lebih mudah mendapatkan pupuk subsidi. Selain itu, kartu tersebut bisa berfungsi sebagai kartu penjualan hasil panen.

    Hingga saat ini jumlah petani yang sudah memiliki kartu tani yang dibagikan oleh Bank Mandiri sebanyak 4.142 orang di wilayah Kabupaten Bengkalis yang tersebar di 7 Kecamatan, yakni Kecamatan Mandau 1.120 orang, Bantan 960 orang, Rupat 93 orang, Rupat Utara 27 kartu, Pinggir 1.352, Bukit Batu 280 kartu, Siak Kecil 210 kartu. (LK/Diskominfo)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Secara Simbolis, Pj. Bupati Serahkan Kartu Tani
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar