Positif COVID-19, Kondisi Donald Trump Bisa Memburuk

Daftar Isi

    Foto: Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (NBC News) 

    Lancang Kuning – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19. Meski sempat dikabarkan dalam kondisi yang baik tetapi Donald Trump memiliki beberapa faktor risiko untuk gejala COVID-19 yang lebih parah. 

    Trump yang saat ini berusia 74 tahun berada dalam kelompok usia berisiko tinggi. Apa lagi Trump memiliki berat badan yang berlebih. Trump secara klinis mengalami obesitas, dan obesitas merupakan faktor risiko untuk bentuk penyakit yang lebih parah.

    Dikutip dari CNN, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, orang-orang dalam rentang usia 65-74 menghadapi risiko 5 kali lebih besar untuk dirawat di rumah sakit dan risiko kematian 90 kali lebih besar akibat COVID-19 dibandingkan dengan usia muda antara 18-29 tahun. 

    Berdasarkan keterangan pada bulan Juni Presiden Trump memiliki berat 244 pound dan tinggi 6 kaki 3 inci.

    Itu memberinya indeks massa tubuh 30,5, membuatnya secara teknis mengalami obesitas. Obesitas melipatgandakan risiko rawat inap akibat COVID-19, menurut CDC. 

    Apa lagi menurut data laki-laki lebih mungkin meninggal atau menderita penyakit parah akibat COVID-19 daripada perempuan. Namun, meski begitu tidak diketahui apakah Trump memiliki kondisi medis lain yang dapat menempatkannya dalam kelompok berisiko tinggi.

    Dokter Presiden, Dr. Sean Conley mengatakan pemeriksaan fisik terakhirnya dilakukan pada bulan April, menyatakan tidak ada temuan yang signifikan atau perubahan pada kondisi kesehatan Trump. 

    Pada tahun 2018 lalu, dokter Trump saat itu, Dr.Ronny Jackson, mengatakan Trump menjalani CT scan kalsium koroner sebagai bagian dari pemeriksaan fisik rutinnya. 

    Skornya adalah 133 dimana jika diatas 100 menunjukkan bahwa arteri telah tersumbat sebagian oleh plak. Menurut catatan medis resmi Trump, pada 2009 skor kalsium koronernya adalah 34 dan pada 2013, 98.

    Skor 133 menunjukkan adanya penyakit jantung sedang. Tetapi Trump telah menggunakan obat statin untuk menurunkan kolesterolnya dan pada data menunjukkan tingkat yang normal pada pemeriksaan terakhirnya. Namun, tidak semua hal tentang kesehatan Trump dapat diketahui. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Positif COVID-19, Kondisi Donald Trump Bisa Memburuk
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar