Ini ke Empat Kalinya Pemkab Inhu Terima WTP dari BPK RI

Daftar Isi

    Foto: Istimewa 

    Lancang Kuning, INHU -- Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Riau atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019. 

    Opini ini yang ke empat kalinya di terima Pemkab Inhu secara berturut-turut sejak tahun 2016 lalu, dibawah kepemimpinan Yopi Arianto selaku Bupati Indragiri Hulu. 

    Dimana, penyerahan LHP itu melalui video conference (vidcon) yang dihadiri oleh Wakil Bupati Inhu H Kharizal didampingi Ketua DPRD Inhu Samsudin, Sekda Inhu Ir. H. Hendrizal, M.Si, Asisten serta Inspektur, Kepala OPD dan Kabag di lingkungan Pemkab Inhu pada Jumat (29/5) di lantai 4 Kantor Bupati Inhu. 

    Kepala BPK RI Prov Riau, Ipoeng Andjar Wasita mengatakan bahwa pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI Perwakilan Prov Riau ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran tentang penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

    Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan BPK pada LKPD Pemkab Inhu dilakukan dalam waktu yang sangat istimewa karena dalam kondisi tanggap darurat terhadap pandemi corona dan dilakukan secara daring. Meski begitu, Ipoeng menegaskan bahwa pemeriksaan tetap dilakukan sesuai standar pemeriksaan keuangan negara.

    "Berdasarkan seluruh hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Daerah tahun 2019 Pemkab Inhu, maka kami memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian kepada Pemkab Inhu," terang Kepala BPK Riau Ipoeng Andjar Wasita.

    Lebih lanjut, dalam kesempatan itu Ipoeng juga memberi masukan terkait sejumlah hal termasuk terkait dengan kelemahan Standar Pengendalian Intern (SPI) Pemkab Inhu yang harus menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti.

    "Kami juga minta kepada DPRD Inhu dapat memberi dukungan dalam hal pengawasan atas rekomendasi BPK Riau," jelas Ipoeng.

    Atas opini WTP yang diraih, Wakil Bupati H Khairizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPK Perwakilan Riau atas bimbingan kepada Pemkab Inhu terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan.

    "Kami pun berharap bimbingan ini tetap dan terus diberikan karena kami menyadari masih banyak kekurangan dan kami siap untuk menjalankan amanah tersebut dengan lebih baik lagi," ujar Wabup Khairizal.

    Dalam kesempatan itu, sebuah pantun pun disampaikan Wabup Khairizal kepada seluruh jajaran BPK Perwakilan Provinsi Riau atas opini yang diraih.

    "Berucap doa dengan Bismillah. Pandemi corona segera menghilang. Predikat WTP ini ibarat berkah. Semoga dapat dipertahankan di masa yang akan datang," ucap Wabup. (Advetorial Kominfo Inhu)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ini ke Empat Kalinya Pemkab Inhu Terima WTP dari BPK RI
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar