Museum Imamku Bonjol yang Tak kalah Menarik dari Museum Lainnya

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Wisata kota Pasaman juga tak kalah menarik dari daerah Sumbar lainnya. Di kota Pasaman juga terdapat berbagai macam objek wisata yang menarik hati. Dan kali ini kita akan mengenali museum imamku Bonjol. Museum yang didirikan sebagai penghargaan kepada sang pejuang kemermedaan di masa penjajahan Belanda. Siapa yang tak kenal dengan Tuanku Imam Bonjol, yang mana beliau selain pejuang juga seorang ulama dan juga pemimpin di daerahnya. 

    Tuanku Imam Bonjol lahir di Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat 1772. Beliau wafat dalam pengasingan dan dimakamkan di Lotak, Pineleng, Minahasa, 6 November 1864. Tuanku Imam Bonjol memiliki nama asli Muhammad Shahab atau Petto Syarif. Tuanku Imam Bonjol sangat terkenal dengan perlawanan yang dilakukan pada Belanda pada Perang Padri di tahun 1803-1837. Dan beliau diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan SK Presiden RI Nomor 087/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.

    Museum Tuanku Imam Bonjol merupakan salah satu icon wisata uang ada di Kabupaten Pasaman, museum ini sangat menarik untuk dikunjungi karena di sini terdapat barang-barang antik dan menyimpan sejarah perjalanan perjuangan Tuanku Imam Bonjol. Senjata dan juga perlengkapan lain yang digunakan Tuanku Imam Bonjol tertata rapi di dalamnya. Berkuniung ke museum ini akan mengingatkan atas kenangan perjuangan Imam Bonjol yang keras melawan penjajahan Belanda.

    Mempelajari sejarah Imam Bonjol tentu akan sangat menarik sekali jika langsung berkunjung ke museum ini, untuk sampai le museum maka kita bisa langsung datang ke Kabupaten Pasaman Sumatra Barat.  Tiket masuk ke dalam museum tidaklah terlalu mahal, di dalamnya wisatawan sejarah dapat menikmati keindahan bangunan museum dan juga benda-benda sejarah di dalamnya. Lokasi museum juga tidak terlalu jauh dari Tugu Equator. Juga terdapat taman yang mengitari bangunan museum untuk sekedar rekreasi. 

    Museum Tuanku Imam Bonjol merupakan icon wisata yang menjadi kebanggan bagi masyarakat Kabupaten Pasaman khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Karena menyimpan sejarah yang sangat fenomenal. Berkunjung ke museum bisa kapan saja, namun di saat masa liburan maka akan sangat banyak sekali pengunjung yang datang. Wisatawan yang datang baik dari daerah Pasaman dan kota lainnya bahkan juga mancanegara.

    Jika berwisata ke museum Tuanku Imam Bonjol maka kita bisa menikmati tiga wisata sekaligus yang bernilai tinggi, yaitu, Museum Tuanku Imam Bonjol yang menyimpan jejak sejarah perjuangan pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol. Kedua, equator yang merupakan perlintasan khatulistiwa yang ditandai dengan miniatur bola dunia yang memiliki wujud tanpa bayangan. Ketiga, keindahan alam di sekitar yang memiliki taman rekreasi. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Museum Imamku Bonjol yang Tak kalah Menarik dari Museum Lainnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar