Indahnya Sunset dan Alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Daftar Isi

    Mengunjungi Jawa Timur, maka wisatawan harus mendatangi dan menikmati berbagai jenis wisata yang ada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman ini merupakan komplitnya keindahan wisata yang sangat menakjubkan di Jawa Timur. Siapa yang tidak kenal dengan gunung Semeru yang menakjubkan, maka wisatawan harus ke taman ini dulu untuk bisa menikmati keindahan sunset dan alam lainnya di Taman ini. 

    Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman nasional ini terbentang luas dari barat-timurnya sekitar 20-30 kilometer dan utara-selatannya sekitar 40 km dan ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha. 

    Di kawasan inilah terdapat berbagai macam wahana wisata alam yang menakjubkan sehingga Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur ini merupakan yang paling terkenal di Indonesia dan taraf internasional karena memiliki banyak obyek wisata menarik yang bisa di nikmati, diantaranya Wisata Gunung Bromo, Wisata Sunrise di Gunung Penanjakan, Kaldera Lautan Pasir Bromo yang luasnya ±6290 ha. Savana, Pasir Berbisik, Wisata Gunung Semeru, Air Terjun Madakaripura, Danau Ranu Kumbolo, Danau Ranu Regulo, Ranu Pane. 

    Di Taman ini tak hanya Gunung Bromo, Gunung Tengger, dan Gunung Semeru saja, di wilayah ini juga berdiri tegak sejumlah gunung lain, seperti Gunung Batok, Gunung Kursi, Gunung Watangan, Gunung Widodaren, Gunung Linggo, Gunung Penanjakan, Gunung Pundak Lembu, Gunung Gandera, Gunung Ringgit, Gunung Widangan, Gunung Sumbersenami, Gunung Pranten, dan Gunung Bajangan. 

    Rute untuk menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga sangat mudah, layaknya rute menuju Gunung Bromo. Namun ada alternatif lain yang cukup menarik yaitu melalui jalur selatan yauti Malang – Tumpang – Ngadas – TBTS. Selain Gunung Bromo, Wisata Gunung Semeru merupakan byek wisata yang banyak menyedot perhatian pengunjung. Khusus bagi pecinta petualang alam atau pendakian gunung, gunung Semeru wajib di kunjungi karena merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

    Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur mampu menarik ribuan pengunjung tiap harinya. Apalagi pada hari-hari liburan nasional. Hotel di sekitar Gunung Bromo sampai tidak bisa menampung banyaknya jumlah pengunjung. Alternatif menggunakan penginapan rumah-rumah penduduk, losmen atau villa yang disewakan warga yang rata-rata adalah suku asli Gunung Bromo atau Suku Tengger yang terkenal dengan upacara adat Kasodo.

    Sebelum ditetapkan sebagai taman nasional, daerah Tengger pada mulanya merupakan kawasan hutan yang berfungsi sebagai cagar alam dan hutan wisata. Kawasan hutan ini berfungsi sebagai hutan lindung dan hutan produksi. Dengan melihat berbagai fungsi tersebut, Kongres Taman Nasional Sedunia mengukuhkan kawasan Bromo Tengger Semeru sebagai taman nasional pad pertemuan yang diselenggarakan di Denpasar, Bali, pada tanggal 14 Oktober 1982 atas pertimbangan alam dan lingkungannya yang perlu dilindungi dan bermacam-macam potensi tradisional kuno yang perlu terus dikembangkan. Pada tanggal 12 November 1992, pemerintah Indonesia meresmikan kawasan Bromo Tengger Semeru menjadi taman nasional. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Indahnya Sunset dan Alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar