Ketua DPRD Kuansing Minta APBD Perubahan 2020 Fokus kepada Dampak Covid-19

Daftar Isi


    Foto: Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra, SH, MH 
     

    Lancang Kuning, KUANSING – Ketua DPRD Kuansing Andi Putra, SH, MH meminta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2020 fokus menangani dampak dari corona virus (COVID-19). 

    Artinya, Dewan menginginkan Pemkab Kuansing memprioritaskan APBD-P dibidang kesehatan, ekonomi maupaun dibidang sosial. Hal demikian disampaikan Andi Putra usai rapat di Gedung DPRD, Selasa (15/9/2020). 

    “Jadi kami (legislatif) minta dana yang akan dibahas dalam APBD-P fokus untuk penanganan Covid-19," ujar Ketua DPRD kepada Wartawan. 

    Menurut Ketua, ada dua perihal yang perlu menjadi bahan evaluasi dalam pembahasan APBD-P tahun ini. Ia beranggapan, selama Covid-19 perjalanan dinas dan kegiataan yang tidak perlu bisa ditiadakan untuk sementara waktu. 

    Hal tersebut mengigat kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Kuansing dari data gugus tugas tercatat ada 87 kasus positif. 

    "Kita saat ini kembali masuk kategori zona merah. Melihat data ini, maka upaya pencegahan agar warga tidak tertular secara meluas dan penanganan pasien harus intensif dengan dukungan anggaran yang memadai," tutur Andi. 

    Ia menambahkan, untuk mengantisipasi kasus Covid-19 di Kuansing tentu tidak hanya himbauan saja kepada masyarakat. Namun juga harus ada langkah aktif dilapangan, seperti pemberian masker, penyemprotan disinfektan difasilitas umum dan mengaktifkan Posko Pengawasan (Poskowas) diseluruh Kecamatan. 

    Selain itu, dukungan dana intensif bagi tenaga medis dan penunjang peralatan selama Covid-19 wajib dipenuhi pemerintah daerah. Sebab tugas mereka (medis) tidak mudah, karena mereka berhadapan langsung dengan pasien yang terkonfirmasi positif. 

    “Aspek dari segi ekonomi, jangan sampai ada warga yang tidak mendapat bantuan dalam kondisi yang memprihatinkan ini. Telusuri warga yang belum mendapat bantuan, cek langsung kelapangan. Begitu juga bantuan untuk pelaku UKM di Kuansing yang juga terimbas cukup parah,” ujarnya. (LK/JB)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ketua DPRD Kuansing Minta APBD Perubahan 2020 Fokus kepada Dampak Covid-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar