Waduk Cirata, Objek Wisata Purwakarta yang tak Kalah Menarik Perhatian Pengunjung

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Waduk Cirata merupakan salah satu objek wisata yang ada di Purwakarta, Jawa Barat. Waduk yang memiliki luas lebih kurang 60 km peresgi ini merupakan waduk buatan. Di sekeliling waduk terdapat pemandangan perbukitan yang indah dengan latar belakang gunung.  Di kawasan waduk ini kita bisa melihat langsung PLTA dan juga bisa memancing di waduk. Tempat wisata ini sangat cocok untuk bersantai bersama dengan keluarga.

    Bendungan ini yang menahan aliran Sungai Citarum ini berada di sebelah hulu Waduk Jatiluhur, di wilayah yang masih sama. Waduk ini menggenangi wilayah sangat luas yang membentang di tiga kabupaten, yaitu Bandung, Cianjur, dan Purwakarta, dengan sebagian besar genangan airnya berada di Kabupaten Cianjur. Bendungan ini juga sering disebut Waduk Cirata Purwakarta, Waduk Cirata Bandung atau Waduk Cirata Cianjur, hal ini disebabkan karena letaknya berada di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Purwakarta, Bandung dan Cianjur.

    Bagian belakang struktur beton Waduk Cirata Purwakarta dengan puluhan anak tangga menuju ke dasar lembah, dan latar belakang Power House PLTA Cirata. Dasar lembah ini merupakan daerah aliran Sungai Citarum yang setelah menggerakkan turbin PLTA Cirata, aliran airnya menghidupi berhektar-hektar sawah di daerah Purwakarta.

    Di tepian bendungan ada warung-warung makanan khas Purwakarta yang dikenal dengan nama Sate Maranggi. Sate empuk dan lezat ini biasanya menggunakan daging kambing atau sapi, berbumbu kecap dengan perpaduan rasa manis, asam, dan pedas. Ikan bakar harum dan kelapa muda yang empuk manis segar juga banyak dijajakan di sana.

    Suasana alam akan sangat terlihat cantik dan romantis ketika semburat cahaya kemerahan mulai mewarnai awan yang menggantung di atas air dan perbukitan yang mengelilingi Waduk Cirata Purwakarta. Semakin senja sapuan warna merah pada awan di atas waduk semakin kentara terlihat. Para Nelayan yang menjala ikan juga ikut mempercantik pemandangan yang ada.

    Panorama senja yang sangat indah di tepian bendungan ini bisa dinikmati dari warung-warung yang berada di tepian waduk, di lokasi yang disebut Buangan. Selain duduk santai di amben bambu warung sambil makan minum hangat, di Buangan para pengunjung juga bisa menyewa perahu nelayan untuk menikmati suasana dari tengah waduk.

    Bendungan PLTA Cirata lokasinya berada pada ketinggian 220 mdpl. Bendungan ini menggunakan genangan air yang luasnya mencapai 6.200 hektar sebagai sumber energi utama guna untuk menggerakkan turbin raksasa PLTA Cirata yang dalam keadaan normal mampu menghasilkan sekitar 1.400 juta kwh listrik pertahun. 

    Cara paling mudah menuju Waduk Cirata Purwakarta dari Jakarta adalah melalui Tol Cikampek, lalu masuk Tol Purbaleunyi (Cipularang), keluar di gerbang tol Jatiluhur dan mengikuti Jalan Raya Ciganea. Setelah sampai di Jalan Raya Cialawi bertanyalah arah ke waduk, karena pengunjung harus berbelok ke kanan di sekitar jalan ini, di GPS -6.64633, 107.36721. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waduk Cirata, Objek Wisata Purwakarta yang tak Kalah Menarik Perhatian Pengunjung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar