Bukan Kecerdasan, Ini Kunci Sukses Menghafal Alquran

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi membaca al-quran 


    Lancang Kuning – Banyak yang mengatakan bahwa hanya orang-orang terpilihlah yang dapat menghafal Alquran secara utuh dan mengamalkannya dengan baik. Namun, tahukah kita bahwa untuk bisa menghafal Alquran, ternyata kecerdasan bukan elemen krusial.  

    Dalam buku Agar Orang Sibuk bisa Menghafal Alquran karya Bahirul Amali Herry, seperti dikutip Sahijab dari Republika.co.id, dijelaskan bahwa terdapat sejumlah ulama yang mampu menghafalkan Alquran dan hadist, meski tingkat IQ-nya tidak terlalu tinggi. Namun, mampunya para ulama-ulama terdahulu untuk menghafal Alquran terjadi akibat adanya konsitensi dan ketekunan yang kuat dalam menghafal Alquran dan hadits.  

    Untuk dapat mengakali rendahnya IQ dan kecerdasan dalam menghafal Alquran, maka mulailah kebiasaan menghafal Alquran itu sedari kecil. Hal ini, sebagaimana yang dikatakan Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Imam Bukhari: 

    أحب الأعمال إلى الله أدومها وإن قل
    "Amalan-amalan yang paling disukai Allah ialah yang lestari (langgeng dan berkesinambungan) meskipun sedikit."  

    Selanjutnya, kunci sukses menghafal Alquran juga dapat dilakukan dengan mengingat niat tindakan sekecil apa pun, meminta seseorang untuk mengawasi tindak-tanduk, serta hafalan kita, dan memperbaiki niat dalam memastikan tujuan menghafal Alquran.

    Orang yang hendak menghafal Alquran, harus bisa memfokuskan pikiran dengan keinginan yang kuat dalam mewujudkan niat sebagai penghafal Alquran karena Allah SWT. 

    Dengan mengenal dan mengetahui apa yang dilakukan, maka dengan sendirinya para penghafal Alquran itu akan mencurahkan seluruh tenaga dan kekuatan diri untuk menuntaskan hafalannya.

    Jika istiqamah, rencana untuk menghafal Alquran itu insya Allah akan terlaksana. Tentu saja, akan lebih mulia apabila seseorang mampu menghafal Alquran dan mempraktikannya dengan baik. Wallahu a’lam. (LK)

    Artikel ini sudah ditayangkan Sahijab.com dan Republika.co.id

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bukan Kecerdasan, Ini Kunci Sukses Menghafal Alquran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar