Asteroid Seukuran Pesawat Terbang Mendekat ke Bumi Malam Ini

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Asteroid seukuran pesawat terbang akan berada pada jarak terdekatnya saat melewati Bumi hari ini Selasa (8/9). NASA mengatakan asteroid yang dikenal sebagai 2020 PT4 itu akan melewati 4,9 kali jarak antara Bumi dan Bulan atau 1.883.153 kilometer.

    Menurut situs NASA, batuan antariksa itu akan melakukan manuver terdekat ke Bumi pada pukul 15:52 UTC atau 22.52 WIB.

    Meskipun jaraknya cukup jauh, NASA tetap menggambarkannya sebagai objek dekat Bumi (NEO). Bahkan, NASA menyatakan tidak akan menjadi peristiwa yang mengancam jiwa jika asteroid itu menghantam Bumi.

    Melansir Daily Star, NASA mengatakan asteroid itu bergerak dengan kecepatan 12,6 kilometer per detik atau 45.360 kilometer per jam. Dengan kecepatan itu, asteroid itu dapat melakukan perjalanan dari Inggris ke New York lebih dari delapan kali dalam satu jam.

    Meskipun kemungkinan asteroid besar menghantam Bumi kecil, NASA percaya ada satu dari 300.000 kemungkinan setiap tahun bahwa batu luar angkasa yang dapat menyebabkan kerusakan di wilayah tertentu ketika menembus atmosfer.

    Melansir republicworld, NASA sebelumnya memperkirakan bahwa asteroid tersebut berukuran pada kisaran 27 hingga 60 meter. Tetapi ukuran asteroid itu dikoreksi menjadi sekitar 33 meter. NASA juga telah mengklasifikasikan Asteroid merupakan kelas Apollo.

    Sebelumya, asteroid 2011 ES4 juga pernah berada sangat dekat dengan Bumi pada pada tanggal 1 September 2011. Bahkan, jaraknya disebut lebih dekat dari Bulan.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Asteroid Seukuran Pesawat Terbang Mendekat ke Bumi Malam Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar