6 Teknologi NASA untuk Masa Depan Otomotif

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Badan penerbangan dan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, bukan cuma membangun roket, satelit, ataupun pesawat luar angkasa. Para ilmuwan NASA juga merancang teknologi yang bisa digunakan kendaraan di bumi.

    NASA dalam situs resminya menjelaskan setidaknya ada enam teknologi yang cocok untuk kendaraan di bumi, berikut penjelasannya.

    Ban Super Elastis

    NASA telah membuat ban super elastis yang tidak memerlukan udara seperti ban konvensional. Ban yang terinspirasi ban kendaraan di bulan saat misi Apollo ini dibuat menggunakan material memory alloy yang mampu menopang beban berat di medan rusak.

    Ban ini memiliki traksi sangat baik dan tahan kerusakan akibat tusukan. Ban juga tidak mungkin kempis, jadi dipercaya bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar dan keselamatan.

    Pelapis Kaca Antiserangga

    Serangga yang tertabrak di kaca depan mobil mungkin adalah hal yang biasa, namun pada kendaraan luar angkasa, jika tumpukan serangga sampai menumpuk bisa sangat berbahaya karena mampu mengurangi faktor aerdoninamik.

    Solusi dari NASA yaitu pelapis epoxy yang dirancang khusus yang mencegah serangga lengket di kaca. Guna penemuan ini bukan cuma itu, NASA menjelaskan komponen juga bisa meningkatkan aerodinamika kendaraan.

    Indikator Baterai Kendaraan Listrik

    Menurut NASA, saat industri otomotif terus beralih dari bahan bakar fosil ke teknologi hybrid atau listrik murni, perangkat monitor kesehatan baterai menjadi krusial. NASA telah menciptakan teknologi Battery Health Monitoring (BHM) yang secara akurat membaca kondisi status pengecasan, sisa energi baterai, dan jadwal penggantian karena soak.

    Teknologi ini juga menjaga baterai awet serta menawarkan indikator saat penggunaan tidak bekerja sesuai standar seperti saat sedang ngebut atau berada di jalur off road.

    Desain Gir

    Komponen seperti transmisi, power window, wiper, mesin, motor listrik, ataupun setir menggunakan gir dengan desain yang berbeda-beda. NASA telah menciptakan gir khusus yang bisa diaplikasikan untuk berbagai macam sistem mekanis.

    NASA mengklaim desain gir itu sebagai terobosan arsitektur mekanis yang menghasilkan komponen dengan bobot lebih rendah, ukuran lebih kecil, dan lebih irit biaya produksi sementara meningkatkan performa dan ketahanan beban.

    Sensor Akurat Masalah Mesin

    Saat mengembangkan sensor buat monitor mesin turbojet, ilmuwan NASA menyadari telah membuat perangkat revolusioner. Menurut NASA mereka sudah menemukan alat ringkas, efisien, kuat, dan mudah diinstal dengan akurasi tinggi dan analisa langsung.

    Mobil Listrik 180°

    Modular Robotic Vehicle (MRV) yang digunakan NASA pada misi bulan merupakan kendaraan listrik yang bisa dipakai di area perkotaan atau kompleks industri. MRV punya perangkat seperti otak manusia yang mengubah perintah kontrol pengemudi menjadi sinyal elektrik.

    Sinyal itu kemudian ditransmisikan melalui kabel ke sistem gerak untuk mengontrol mesin, kemudi, dan pengereman. MRV punya empat modul independen yang mampu membuat setiap ban memutar 180°. Menurut NASA desain ini bisa sangat membantu mobil saat parkir di tempat sempit

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 6 Teknologi NASA untuk Masa Depan Otomotif
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar