Wisata Pantai Sukamade Banyuwangi, Istana dan Surganya Penyu bertelur

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Banyuwangi, kabupaten yang bertajuk sunrise of java memiliki wisata yang juga tak kalah indah dan menakjubkan. Banyuwangi juga memiliki pantai yang dikenal dengan rute yang sangat menantang. Pantai itu bernama Pantai Sukamade, pantai yang memiliki rute menantang. Pantai ini dikenal memiliki jungle track ekstrem dan di pantai ini merupakan istana penyu. Lokasi pantai terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. 

    Pantai Sukamade berada di wilayah Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) dan juga salah satu dari Segitiga Berlian di Banyuwangi, selain Pantai Plengkung dan Kawah Ijen. Pantai Sukamade berjarak hampir 100 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi, dibutuhkan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan. Sebelum tiba di Pantai Sukamade, kita akan melewati 2 pantai, yaitu Pantai Rajekwesi yang merupakan pantai sekaligus dermaga para nelayan di Desa Sarongan. Yang kedua Teluk Hijau, pantai yang sangat indah dengan warna air biru kehijauan.

     

    Pantai Sukamade merupakan salah satu destinasi wisata yang laris manis diburu wisatawan, selain pantainya yang merupakan istana penyu untuk menuju ke Sukamade juga banyak pantai yang bisa dikunjungi. Jalanan menuju pantai yang berkelok serta menanjak bebukitan, batuan terjal dan tanah becek sengaja dibiarkan alami agar pengunjung merasakan sensasi perjalanan yang tak terlupakan. Perjalanan menantang itu hampir sepanjang 30 kilometer. 10 Kilometer mendekati Pantai Sukamade terbilang yang paling menegangkan. Sebab, pengalaman seru bakal tak terlupakan ketika kendaraan harus melewati sungai.

     

    Pantai yang indah dan masih asri, membuat Banyuwangi didatangi oleh berbagai jenis penyu dan menjadi rumah bagi hewan bercangkang yang satu ini. Hampir setiap tahun penyu mendarat di bumi blambangan untuk bertelur. Istana penyu berada di pantai Sukamade di pantai iniliah penyu pelihara dan dilestarikan. Jika ingin melihat penyu bertelur, pengunjung harus menginap karena waktunya berlangsung pada malam hari. Di Pantai Sukamade terdapat wisma milik PT Sukamade Baru, perusahaan kopi dan coklat, milik PT Ledokombo, yang cukup terawat. 

     

    Melihat penyu bertelur di pantai adalah saat-saat yang mengasyikkan sekaligus mendebarkan, karena Anda akan merasakan pengalaman yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sama halnya dengan di Pantai Ngagelan, di Pantai Sukamade ini kita bisa berwisata dengan mengikuti semua kegiatan petugas/ranger setempat dalam pengelolaan penyu. Mulai dari melihat langsung penyu mendarat dan bertelur di malam hari, penetasan telur, hingga pelepasan tukik. 

     

    Kawasan di Pantai ini masih terjaga kealamiannya dan memiliki air yang bersih. Di sini kita bisa melihat secara langsung konservasi penyu yang mulai punah. Kalau Taman Nasional Meru Betiri dikenal sebagai surganya flora dan fauna, barangkali julukan yang tepat untuk Pantai Sukamade adalah surganya penyu bertelur di Banyuwangi. Terdapat empat spesies penyu yang bertelur di Pantai Sukamade, yaitu Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata ), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivacea ), dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae ). 

     

    Dari empat spesies penyu tersebut, Penyu Hijau adalah jenis yang paling banyak dan mudah ditemukan bertelur di Pantai Sukamade. Menurut laporan penelitian WWW (World Wide Fund for Nature ), Penyu Hijau yang paling umum bersarang di Sukamade. Karena itu Pantai Sukamade pantas juga disebut sebagai tempat pendaratan penyu hijau terbaik di Indonesia. (Nay)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wisata Pantai Sukamade Banyuwangi, Istana dan Surganya Penyu bertelur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar