Survei: Eks Menhan Jepang Shigeru Ishiba Populer Jadi Perdana Menteri

Daftar Isi



    Foto: Mantan Menteri Pertahanan Jepang, Shigeru Ishiba. (Twitter @shigeruishiba)

     

    Lancang Kuning – Mantan Menteri Pertahanan Jepang, Shigeru Ishiba, paling banyak memperoleh dukungan dalam jajak pendapat kandidat perdana menteri. Hal ini setelah Shinzo Abe mengumumkan pengunduran dirinya pekan lalu karena alasan kesehatan.

    Dalam survei Kyodo News akhir pekan lalu, Ishiba mendapat sekitar 34 persen dukungan publik. Sementara itu, Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga di posisi kedua dengan dukungan sebesar 14 persen.


    Pun, jajak pendapat Nikkei/TV Tokyo menunjukkan Ishiba dengan 28 persen dukungan, diikuti oleh Menteri Pertahanan Taro Kono dengan 15 persen. 

    Kemudian, dalam jajak pendapat ini nama Yoshihide Suga berada di urutan keempat dengan dukungan 11 persen.

    Dilansir dari Channel News Asia, survei tersebut menyoroti adanya perpecahan antara opini publik dengan politik internal di dalam Partai Demokrat Liberal (LDP).


    Suga, yang telah lama menjadi pendukung pemerintahan Abe, diharapkan mendapat dukungan dari faksi yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal LDP, Toshihiro Nikai, dan dari faksi besar lainnya.

    Dukungan itu akan membuat perjuangan berat bagi Ishiba, seorang kritikus pemerintahan yang sebelumnya pernah berhasil menantang perdana menteri pada 2018. Figur Ishiba dianggap kurang populer di dalam partai.

    Pengumuman pengunduran diri Abe pada Jumat pekan lalu disebabkan masalah kesehatan. Diperkirakan pemilihan kepemimpinan akan berlangsung sekitar 13-15 September 2020. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Survei: Eks Menhan Jepang Shigeru Ishiba Populer Jadi Perdana Menteri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar