Danau PLTA Koto Panjang, Alam Indah Yang Penuh Petualangan

Daftar Isi

    LANCANG KUNING - Danau ini awalnya merupakan danau buatan yang dibuat sebagai pembangkit tenaga listrik. Terletak di desa Koto Panjang, Kabupaten Kampar. Kini, Danau ini tidak lagi aktif sebagai pembangkit tenaga listrik, namun terlahir kembali sebagai destinasi wisata yang menawarkan ketenangan alam dan petulangan.

    Kawasan Danau ini mulanya dibangun pada tahun 1993 atas kerja sama Indonesia dan Jepang, sebanyak 9 desa ditenggelamkan demi memuluskan proyek ini dengan terlebih dahulu merelokasi warga setempat ke daerah sekitar. Dulunya untuk menuju ke Sumatera Barat pun harus melalui kawasan ini, sekarang sebagian besar badan jalan tersebut telah tenggelam dan menjadi kenangan.

    Untuk mencapai Danau PLTA Koto Panjang, hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 Jam perjalanan darat dari Kota Pekabaru. Sesampainya di sana kamu akan disambut dengan hamparan air danau yang jernih berwarna kehijauan, dipadu dengan kawasan hutan sekitar yang begitu menyejukan dan menenangkan.

    Selain sebagai tempat wisata, danau ini juga menjadi sandaran hidup masyarakat setempat. Karena itu Kerambah ikan akan sering kamu jumpai selama susur Danau. Sejauh mata memandang akan kamu jumpai keramba ikan masyarakat sekitar berjajar rapi. Namun, tetap saja hal ini seakan semakin menambah keindahan danau.

    Di kawasan ini, menyusuri sungai menggunakan perahu pompon merupakan agenda wajib yang tidak bisa ditinggalkan agar kamu dapat menikmati indahnya kawasan Danau PLTA Koto Panjang. Berkemah, memancing dan berenang di Pulau Tongah juga patut kamu pertimbangkan. Pulau Tongah adalah salah satu pulau di kawasan ini yang memiliki fasilitas Musholla, Rumah Istirahat dan MCK bagi pengunjung.

    Selain itu, ada lagi 2 spot yang wajib kamu kunjungi, yaitu air terjun Arao Besar dan Goa Landak. Butuh waktu masing-masing satu jam untuk sampai ke kedua spot petualangan ini. Namun, sepanjang perjalanan kamu akan dijamu dengan pemandangan alam yang sangat asri dan indah. Untuk sampai ke air terjun Arao Besar dan Goa Landak juga membutuhkan mental petualangan karena perjalanan juga akan dilakukan dengan berjalan kaki dan menyusuri kawasan hutan kering.

    Nah, bagaimana? Perpaduan keindahan alam yang menawarkan petualangan yang sangat anggun bukan? Jadi, jadikan destinasi wisata ini sebagai salah satu destinasi wajib di hari liburmu !

    Sumber : Dari Berbagai Sumber

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Danau PLTA Koto Panjang, Alam Indah Yang Penuh Petualangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar