Para Ahli Sebut Bioskop Minim Penularan COVID-19

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi bioskop. (Jawa pos)

    Lancang Kuning – Bioskop dan beberapa tempat lainnya mendapat izin operasi dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta. Beberapa orang nampaknya masih khawatir untuk pergi ke bioskop. Padahal menurut beberapa studi, bioskop terbukti lebih aman. Hal itu ditambah dengan dari data yang ada, belum ditemukan klaster COVID-19 yang berasal dari bioskop. 
     

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Hasil studi yang dilakukan oleh Technical University of Berlin membandingkan studio bioskop dan ruang kantor. Ruang bioskop dianggap lebih aman karena dua faktor.

    Pertama, jumlah aerosol hanya 0,3 persen yang dihirup di bioskop daripada kantor. Tak hanya itu, di dalam bioskop, orang-orang jarang berbicara satu sama lain. Kedua, sistem perputaran udara juga berbeda.

    Dr. Natasha Tuznik, selaku Profesor Asosiasi Kesehatan dan Penyakit Menular UC Davis mengatakan bahwa di bioskop memang cenderung aman karena tiga faktor.
     

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Orang-orang tidak berbicara satu sama lain selama film berlangsung. Kemudian, pembatasan jarak bisa diterapkan dengan dibatasinya jumlah penonton. Terakhir, orang-orang menghadap ke arah yang sama, sehingga mengurangi risiko penularan," tutur dia.

    Sementara itu, Dr. Robert Lahita dari Medicine of New York Medical College menjelaskan bahwa dibukanya bioskop dikarenakan adanya tindakan yang tepat dan aman.

    "Membuka kembali bioskop bisa aman, selama ada tindakan yang tepat," ucap dia, dilansir dari Viva.co.id

    Baca juga: Survei: Pemerintah Dianggap Belum Mampu Kendalikan COVID-19

    Menurut Dr. Hitoshi Oshitani, pakar virulogi dari Tohoku University menjelaskan bahwa penyebaran COVID-19 banyak terjadi di tempat fitness, tempat karaoke, dimana orang-orang makan dan minum bersama sembari bernyanyi bersama.
     

    Baca Juga: Erick Tegaskan Kerjasama Biofarma dan Sinovac Ada Transfer Teknologi

    Sementara itu, Noah Uhrig dari University of Essex mengatakan bahwa efek di dalam bioskop membawa kebahagiaan dan kepuasan batin penonton. Hal ini akan mengurangi tekanan psikologis yang dijalani selama pandemi ataupun PSBB. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Para Ahli Sebut Bioskop Minim Penularan COVID-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar