Keterkaitan Antara Arsitektur dan Organisasi Komputer

Daftar Isi

    LancangKuning - Arsitektur dan Organisasi Komputer ini merupakan salah satu mata kuliah yang ada di jurusan Teknik Informatika. Jadi, bagi mahasiswa yang kuliah dengan jurusan teknik informatika, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya arsitektur dan organisasi informatika.

    Sebelum admin membahas apa keterkaitan antara arsitektur dan organisasi Komputer, lebih baik kalian harus mengetahui apa itu arsitektur Komputer ? apa itu organisasi Komputer ? apa Bagaimana bentuk struktur Komputer ? apa beda arsitektur dan organisasi Komputer ? dan Apa fungsinya ?. Tidak perlu basa – basi lagi, admin akan membahas satu per satu permasalahan di atas, mari kalian simak pembahasannya di bawah ini :

    Arsitektur Komputer

    Apa itu Arsitektur Komputer? Arsitektur Komputer mempelajari atribut yang berada pada sistem Komputer yang berkaitan dengan programmer yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Contohnya: set instruksi, aritmatika yang dipakai, teknik pengalamatan, mekanisme Input/Ouput.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jadi, arsitektur Komputer merupakan sebuah konsep dari struktur pengoperasian dasar dan perencanaan dari sistem Komputer. Arsitektur Komputer merupakan sebuah rencana yang berada dalam bentuk cetak biru (Blue Print) dan deskripsi fungsional dari kebutuhan perangkat keras (Hardware) yang di desain. Hal ini, pengimplementasian perencanaan dari masing – masing bagian akan di fokuskan terutama, pada bagaimana CPU bekerja, dan bagaimana cara peg-aksesan data dan alamat dari dan ke memori chache, RAM, ROM, dll.

    Beberapa contoh mengenai arsitektur Komputer yaitu Arsitektur Von Neumann, CISC, RISC, dll.

    Organisasi Komputer

    Organisasi Komputer mempelajari komponen- komponen yang memiliki kaitan dengan unit operasional Komputer yang berhubungan dengan komponen sistem Komputer, contohnya : sinyal control, interface, teknologi memori.

    Jadi, organisasi Komputer merupakan komponen yang memiliki kaitan dengan unit operasional dan interkoneksi antar komponen yang menyusun sistem Komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional yaitu teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal control.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Peberdaan Arsitektur Komputer dan Organisasi Komputer

    1. Arsitektur Komputer :
    • Atribut sistem Komputer yang memiliki kaitan dengan programmer
    • Contoh : mekanisme Input/Ouput, aritmatika, pengalamatan, dan Set Instruksi
    1. Organisasi Komputer :
    • Bagian atau komponen yang memiliki kaitan erat dengan unit operasional.
    • Contoh : teknologi memori , sistem memori, sinyal – sinyal control, dll.
    1. Struktur Komputer

    Komputer merupakan sebuah sistem yang berinteraksi dengan dunia luar dengan cara tertentu. Ada empat ( 4 ) struktur utama Komputer, yaitu :

    • CPU ( Central Processing Unit ), yang berfungsi sebagai pengontrol operasi dan pusat pengolahan fungsi – fungsi  Komputer.
    • Memori Utama, yang berfungsi sebagai penyimpanan data
    • Input / Output, yang berfungsi memindahkan data dari dalam ke  lingkugan luar atau sebaliknya
    • System Interconnection, yang berfungsi sebagaii penghubung CPU, memori utama, dan I/O.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Fungsi Komputer

    Terdapat empat (4) buah fungsi operasi Komputer :

    • Fungsi Operasi pengolahan Data
    • Funsi Operasi Penyimpanan
    • Funsi Operasi pemindahan Data
    • Fungsi Operasi Kontrol

    Hubungan / keterkaintan arsitektur dan organisasi Komputer

    Seperti yang kita ketahui arsitektur Komputer mempelajari mengenai atribut yang berada pada sistem Komputer yang memiliki kaitan dengan programmer. Sedangkan organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit operasional Komputer. Jadi, organisasi Komputer ini memiliki keterkaitan dengan arsitekturnya, yang mana organisasi Komputer di gunakan untuk merealisasikan dari arsitektur Komputer.

    Sampai disini pembahasan dan ulasan mengenai kelebihan keterkaitan antara arsitektur dan organisasi ini, semoga kalian yang dapat memahami dari pembahasan ini. Sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.(Diandri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keterkaitan Antara Arsitektur dan Organisasi Komputer
    Sangat Suka

    14%

    Suka

    42%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    14%

    Marah

    28%

    Komentar