6 Negara Selain Indonesia yang Rayakan Hari Kemerdekaan di Bulan Agustus

Daftar Isi

    Ilustrasi. (Foto: istimewa)

    Lancang Kuning -- Agustus jadi bulan yang istimewa bagi Bangsa Indonesia setiap tahunnya. Hari kemerdekaan ditetapkan setelah tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia mendeklarasikan sebagai negara yang berdaulat dan merdeka melalui pembacaan naskah proklamasi oleh presiden dan wakil presiden pertama, Ir. Soekarno dan Moch Hatta.

    Baca Juga: Wakil Bupati Way Kanan Meninggal Dunia Karena Corona

    Selain Indonesia, beberapa negara di dunia juga akan atau telah merayakan hari kemerdekaan di bulan ini. Berikut enam negara yang sama-sama merayakan hari kemerdekaan di bulan Agutus, dikutip dari suara.com, Sabtu (15/8/2020).

    1. Pakistan

     Mengutip CNN, negara yang berbatasan dengan India ini merdeka 2 tahun lebih lambat daripada Indonesia. Pakistan merdeka pada tanggal 14 Agustus 1947, dan tidak terlepas dari kemerdekaan India.

    Baca Juga: Selamatkan Bendera Merah Putih, Amar Hawari dapat Penghargaan dari Kapolres Meranti

    Warga Pakistan asalanya warga India mayoritas muslim yang bermigrasi dan tidak tahan dengan penjajahan yang dilakukan Inggris. Mereka lalu membentuk negara yang bernama Pakistan, didirikan oleh salah satu pejuang kemerdekaan di India, Muhammad Ali Jinnah.

    2. India

    Setelah 200 tahun lamanya dijajah Inggris, India merdeka melalui pemberontakkan pada 1857 oleh Mangal Pandey melalui baku tembak, sampai akhirnya tahun 1947 Inggris meninggalkan India.  Namun sebelum pergi, Inggris membagi India menjadi dua negara, yaitu India yang mayoritas beragama Hindu dan Pakistan yang mayoritas Muslim.

    3. Korea Selatan dan Korea Utara

    Korea Selatan dan Korea Utara sama-sama bersatu merayakan sebagai negara merdeka di hari yang sama, yakni 15 Agustus 1945.

    Baca Juga: Laut China Selatan Memanas, Jepang Bersumpah Tak Mau Perang

    Kemerdekaan keduanya tidak lepas dari AS dan Soviet yang menyudahi pendudukan Jepang di semenanjung Korea. Penyerahan dari Jepang kemudian dikenal sebagai Hari Pembebasan Nasional di Korea Selatan dan Utara. Sampai 3 tahun kemudian, kedua negara ini terpecah.

    4. Malaysia

    Tidak seperti Indonesia yang merebut kemerdekaan, kemerdekaan Malaysia diberikan oleh Inggris yang menjajah pada 15 Agustus 1957, hingga setiap tahunnya dirayakan sebagai hari libur nasional.

    Baca Juga: Dituding Mesum, Goyang Upin Ipin Dikecam Warganet Malaysia

    Deklarasi kemerdekaan Malaysia resmi diumumkan pada pukul 09.30 waktu setempat di Stadion Merdeka Kuala Lumpur dihadapan Raja dan Ratu Thailand. Lebih dari 20.000 orang saat itu berkumpul untuk merayakan kedaulatan Malaysia sebagai negara baru.

    5. Kongo

    Hari kemerdekaan di negara ini juga disebut sebagai 'Hari Nasional Kongo'. Negara ini merdeka pada 15 Agustus 1960, usai Prancis memberikan kemerdekaan secara penuh. Kemerdekaan diberikan lantaran sudah 80 tahun lamanya Kongo berada di bawah pemerintahan Prancis.

    6. Singapura

    Hari Kemerdekaan (Singapura) diadakan setiap tahun pada tanggal 9 Agustus, untuk merayakan kemerdekaan Singapura dari Malaysia pada tahun 1965. Liburan ini termasuk Parade Nasional, pidato Perdana Menteri Singapura dan festival kembang api.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 6 Negara Selain Indonesia yang Rayakan Hari Kemerdekaan di Bulan Agustus
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar