Harga TBS Kelapa Sawit Riau Melonjak Naik

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi Kelapa Sawit 

    Lancang Kuning, PEKANBARU -- Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Riau naik mencapai 10,95 persen dari harga minggu lalu. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Diantaranya, terjadinya kenaikan harga jual CPO mencapai Rp 695,05/kg, dan untuk kernel naik Rp 271,41/Kg.

    Berdasarkan data itu, Dinas Perkebunan Provinsi Riau menetapkan harga kelapa sawit naik dari harga Minggu lalu. Dimana, pada periode 29 Juli - 4 Agustus 2020 harga TBS menjadi Rp 1.860,43/Kg. 

    Baca Juga: Kapolda Riau Beri Dua Penghargaan ke Polres Inhu

    Ini berdasarkan hasil kesepakatan bersama dalam rapat penetapan harga TBS kelapa sawit di Riau yang digelar pada Selasa (28/7), ucap Defris Hatmaja. 

    Sementara itu, kenaikan harga beli sawit di Riau periode ini dipicu oleh penurunan produksi akibat fenomena alam. Sisi lain juga penguatan harga CPO juga ditopang permintaan yang mulai membaik setelah relaksasi lockdown di India dan China yang merupakan pengimpor minyak nabati terbesar di dunia.

    Baca Juga: Bolehkah Berkurban Tapi Belum Akikah? Ini Kata UAS

    " Suplai yang menurun atau berkurang diikuti dengan permintaan yang melonjak tentunya membuat harga minyak kelapa sawit terkerek naik," ujar Defris Hatmaja selaku Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Provinsi Riau. 

    Baca Juga: Kompol Ronaldo Maradona, Polisi Pengacak-acak Jaringan Narkoba

    Defri menambahkan, bahwa harga CPO masih berpotensi naik seiring dengan perbaikan fundamental. Dari sisi permintaan, kembali digebernya ekonomi China menjadi faktor positif yang mampu mengerek permintaan. (Dan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Harga TBS Kelapa Sawit Riau Melonjak Naik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar