Bolehkah Berkurban Tapi Belum Akikah? Ini Kata UAS

Daftar Isi

    Foto: Ustadz Abdul Somad. 

    Lancang Kuning, PEKANBARU – Beberapa hari lagi umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Nah, di momen ini umat muslim juga dianjurkan untuk berkurban jika mampu. Namun, bagi yang mau berkurban, kadang timbul pertanyaan baru. 

    Apakah jika dulu sewaktu kecil kita belum melaksanakan akikah, kita diperbolehkan untuk berkurban? Ustaz Abdul Somad atau lebih akrab disapa UAS, punya jawabannya buat kamu. 

    Baca Juga: KPK Dalami Dugaan Aliran Uang ke Cak Imin dan Elite PKB

    Melalui Youtube channel Ustadz Abdul Somad Official, pendakwah kondang itu menjelaskan, kalau akikah merupakan tanggung jawab orang tua terhadap kita dan bukan tanggung jawab diri kita sendiri. 

    "Akikah saya, tanggung jawab ayah saya terhadap saya. Akikah saya, tanggung jawab orangtua saya terhadap saya, bukan urusan saya. Sedangkan kurban tanggung jawab saya terhadap diri saya," ujarnya dikutip VIVA dari Youtube Ustadz Abdul Somad Official, Selasa 28 Juli 2020. 

    Baca Juga: Pakar Sebut Syarat Sukses Uji Klinis Vaksin Corona dari China

    Lebih lanjut UAS menjelaskan, misalnya jika kamu hanya memiliki uang Rp2,5 juta. Yang harus didahulukan adalah berkurban, karena akikah bukan tanggung jawab kita. Tapi, jika kamu ingin melaksanakan akikah untuk diri sendiri, hukumnya diperbolehkan.

    "Jadi, kalau ada orang punya uang Rp5 juta. Ini Rp2,5 juta untuk kurban, Rp2,5 juta untuk akikah. Sah! Tapi kalau uangnya cuma Rp2,5 juta, antara akikah dan kurban, maka dia kurban saja. Akikah bisa lain waktu kapan-kapan kalau ada uang akikah," lanjut UAS. 

    Baca Juga: Negara Paling Ngebut Angka Kematian COVID-19, Indonesia Masuk 5 Besar

    UAS kembali menegaskan, kalau akikah merupakan tanggung jawab orangtua terhadap anak. Dan hukum akikah tidaklah wajib. 

    "Tidak ada satu mahzab pun yang mengatakan kalau hukum akikah wajib. Akikah hukummnya sunnah muakad. Tidak ada kaitannya, siapa yang gak akikah dulu gak boleh kurban sekarang, gak ada itu. Gak ada hukum kait antara akikah dengan kurban," tegas UAS. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bolehkah Berkurban Tapi Belum Akikah? Ini Kata UAS
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar